Aksi Memukau TNI AU Hancurkan Musuh

Aksi Memukau TNI AU Hancurkan Musuh

  Sabtu, 9 April 2016 19:50

Berita Terkait

JAKARTA -- Atraksi prajurit Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (9/4) begitu spektakuler. Atraksi dalam rangkaian Hari Ulang Tahun TNI AU ke 70 itu berhasil memukau ribuan pasang mata masyarakat, petinggi TNI AU, serta para tamu yang hadir dalam peringatan tersebut. 
Peringatan HUT TNI  diawali dengan upacara yang dipimpin Kepala Staf TNI AU Marsekal Agus Supriatna sebagai inspektur upacara. 
Agus juga sempat berkeliling memeriksa kesiapan pasukan. Usai upacara, anggota TNI AU mulai unjuk kebolehan. Dimulai dari puluhan atraksi terjun payung. 
Bahkan, ada penerjun payung yang mengibarkan bendera merah putih ukuran besar di udara. 
Atraksi itu menjadi pusat perhatian masyarakat yang turut menyaksikan dari Lanud Halim Perdanakusuma.  Tak cuma sampai di situ. Anggota Komando Pasukan Khas TNI AU juga unjuk kebolehan. Mereka melakukan simulasi pembebasan sandera. Dengan kerjasama yang apik, teknik dan taktis nan mumpuni, tim Bravo Kopaskhas berhasil melumpuhkan teroris yang menyandera korban. Selain darat, serangan udara juga dilancarkan lewat bantuan dua unit helikopter. Tembakan dari darat dan udara membuat teroris tak berkutik. Korban berhasil diselamatkan, teroris dilumpuhkan. 
Kemudian masuk ke atraksi yang paling dinantikan, demo akrobat pesawat-pesawat tempur TNI AU. Atraksi dimulai dari pembentukan formasi angka 70 di udara, yang menandakan usia TNI AU yang terbentuk pada 1948.  Atraksi ini dimulai oleh Tim Akrobatik Jupiter TNI AU. 
Tujuh unit pesawat tempur di sisi kiri podium kehormatan di udara membentuk formasi angka tujuh. Delapan pesawat di sisi kanan membentuk angka nol. Mereka terbang sejajar dengan formasi yang tampak sudah direncanakan dengan matang. Aksi demi aksi pesawat tempur terus dilakukan. 
Termasuklah serangkaian penyerangan melalui udara. Sejumlah pesawat tempur dari berbagai jenis beraksi. Pilot-pilot yang handal memainkan pesawat seakan-akan sedang menghadapi musuh. Manuver-manuver berbahaya dan menegangkan sempat dipertontonkan. Enam unit pesawat yang tergabung dalam tim ini tampil akrobatik. Salah satunya adalah ketika melakukan manuver menyilangkan dua pesawat keluar dari barisan. Aksi itu cukup membuat penonton kagum. (ody)

Berita Terkait