Aksi 32 Tatung Pukau Warga , Pawai Lampion Bikin Gembira

Aksi 32 Tatung Pukau Warga , Pawai Lampion Bikin Gembira

  Selasa, 23 February 2016 10:00
TATUNG DAN LAMPION: Aksi tatung di Kecamatan Sambas dan kemeriahan pawai lampion di Kecamatan Pemangkat, menyemarakkan perayaan Cap Go Meh di Kabupaten Sambas, kemarin (21/2). HARI KURNIATHAMA/PONTIANAK POST

Berita Terkait

SAMBAS – Aksi 32 tatung pada perayaan Cap Go Meh (CGM) 2016 mampu memukau warga Sambas. Hal ini terlihat dari antusiasme warga menyaksikan unjuk kebolehan yang ditampilkan para tatung, saat memperlihatkan aksinya berkeliling Kota Sambas. Sedangkan di malam sebelumnya, digelar pawai lampion di Kota Pemangkat, sehingga menjadikan kota tersebut terang benderang. 

Aksi tatung di Kota Sambas dimulai dari Kelenteng Lian Thien menuju Terminal Sambas – Jalan Panji Anom – Jalan Gusti Hamzah – Pasar Sambas, kemudian singgah ke altar dan kembali ke kelenteng.Amin, ketua Panitia CGM 2016 Kecamatan Sambas ditemui koran ini di Altar Lokasi Pasar Sambas, menjelaskan bahwa 32 tatung yang memeriahkan pelaksanaan CGM di Kecamatan Sambas tersebut, diikuti dari beberapa tatung di Kecamatan Subah dan Teluk Keramat. "Tahun ini jumlah tatung jauh berkurang, karena di waktu yang bersamaan, Kecamatan Tebas juga menggelar CGM, sehingga jumlah tatung berbagi. Sementara Kecamatan Pemangkat melaksanakan CGM, Selasa (23/2)," tutur dia. 

Namun demikian, kemeriahan suasana CGM tetap berlangsung meriah. Ramai warga Sambas memenuhi rute lintasan tatung, khususnya di lokasi Pasar Sambas. Selain itu, altar juga telah dibuka. Apalagi sebelum kembali di Kelenteng Lian Thien, terlebih dahulu para tatung singgah ke altar, sehingga suasana semakin semarak. "Kita sangat senang pelaksanaan CGM berlangsung sukses, walau pesertanya berkurang dari tahun lalu, namun kemeriahannya tidak kalah meriahnya dari tahun lalu," ujar Amin.

Sebelumnya, Minggu malam (21/2), warga Pemangkat dan sekitarnya disuguhkan puluhan mobil hias dalam rangka pawai lampion, demi memeriahkan Imlek dan Cap Go Meh. Meski gerimis, namun tak menyurutkan semangat warga menonton pawai lampion.

Kegiatan ini sekaligus mengawali pembukaan CGM disertai pesta kembang api.Kegiatan Pawai lampion dibuka Wakil Bupati (Wabup) Sambas Pabali Musa. Turut mendampingi Wabup, Ketua DPRD Sambas Arifidiar, dan Wakapolres Sambas didampingi Ketua Panitia CGM Atong, Camat Pemangkat, sejumlah anggota DPRD Kabupaten Sambas seperti Tjong Tji Hok dan Erwan Saputra, serta tamu undangan lainnya. Selain itu pembukaan CGM malam itu juga dihadiri Danlantamal Pontianak.

"Pembukaan berjalan lancar, meski hujan gerimis, masyarakat sangat antusias," ungkap Atong, ketua Panitia Imlek dan CGM Bersama Kecamatan Pemangkat.Tokoh masyarakat Dayak dan lintas entnis juga hadir dalam kegiatan ini, sehingga memeriahkan pembukaan CGM.Andi, salah satu penonton pawai lampion, mengungkapkan bagaimana dia merasa senang dengan adanya kegiatan ini. "Ini hiburan tahunan yang kami nikmati bersama keluarga," katanya.Meski gerimis tak menyurutkan Andi dan keluarga berdesak-desakan di tepi jalan, di mana mereka menggunakan payung untuk melihat pawai lampion. (har)

 

Berita Terkait