Akhirnya Neymar Bikin Gol

Akhirnya Neymar Bikin Gol

  Senin, 15 Agustus 2016 09:30
Neymar(kiri)

Berita Terkait

SAO PAOLO – Harapan 205 juta penduduk Brasil menumpuk di pundak Neymar dkk. Boleh saja medali atletik, renang, menembak, voli, atau cabang olahraga lain lepas atau direbut negara lain. Asal memenangi emas sepak bola diraih, pesta tetap akan berlangsung di Brasil.    Kemarin (14/8) di Arena Corinthians, Brasil menyingkirkan Kolombia pada babak perempat final sepak bola Olimpiade dengan skor 2-0. Kemenangan kemarin membuat tim Samba, sebutan Brasil, masuk semifinal dan bersua Honduras. Honduras sendiri partai delapan besar kemarin menyingkirkan wakil Asia Korea Selatan dengan skor 1-0. 

Selain partai Brasil versus Honduras yang akan digelar Rabu (17/8), laga semifinal lainnya mempertemukan Nigeria lawan Jerman. Jerman menggebuk Portugal dengan skor 4-0 kemarin. Sedang Nigeria menang 2-0 atas Denmark. Nah, eksekusi tendangan bebas Neymar pada menit ke-12 dari luar kotak penalti membuka kegembiraan 41 ribu penonton yang hadir di stadion kemarin. Bagi pemain Barcelona itu gol kemarin bukan hanya indah namun juga monumental. Inilah gol pertama Neymar setelah di babak kualifikasi lalu, Neymar mampat keran golnya. 

Kemudian penyerang Brasil Luan Vieira menyempurnakan victory Brasil di menit ke-83. Dengan gol yang dicetak kemarin, pemain yang membela Gremio itu total sudah membuat dua gol.Seperti diberitakan El Confidencial kemarin (14/8) pelatih Brasil Rogerio Micale menuturkan sama sekali tak meremehkan Honduras sebagai lawan di empat besar. Sebab tim Amerika Tengah ini membuat kejutan dengan menahan imbang Argentina di fase grup. 

“Kami menaruh respek kepada Honduras atas pencapaian yang dilakukannya. Dan kami tak mau jadi korban dari kejutan selanjutnya dari Honduras,” kata Micale. 

Pria berusia 47 tahun itu pun sadar kalau skuadnya dalam sorotan banyak pihak. Setelah bermain dua laga tanpa gol di fase grup lawan Afrika Selatan (4/8) dan Irak (7/8), baru di laga pamungkas lawan Denmark (10/8) Brasil mencetak empat gol. 

Di laga kemarin Micale memasang formasi 4-2-4 untuk menggedor barisan belakang Kolombia. Gabriel Jesus, Gabriel Barbosa, Neymar, dan Luan dipasang bersama. “Pertahanan yang baik bisa terjadi ketika sektor penyerangan kami pun bagus. Keduanya berjalan beriringan,” kata Micale. 

Dalam laga kemarin Neymar sempat mendapat kartu kuning pada menit ke-40. Dan itu menjadi satu-satunya kartun kuning yang didapatkan tim Brasil kemarin. Bandingkan dengan Kolombia yang oleh wasit asal Turki Cuneyt Cakir diganjar enam kartu kuning..Nah, laga kemarin sempat dikhawatirkan akan menjadi laga emosional bagi Neymar. Dua tahun lalu di babak perempat final Piala Dunia, Neymar mengalami retak di tulang punggung setelah benturan dengan bek Kolombia Juan Zuniga. 

Meski Brasil menang 2-1 atas Kolombia saat itu, Neymar yang saat itu berusia 22 tahun harus absen di partai semifinal. Brasil mengalami nasib tragis dengan dihancurkan Jerman dengan skor 7-1 pada babak empat besar di depan publik sendiri. Luka lainnya yang dipunyai Neymar dkk dari Kolombia adalah ketika Brasil kalah 0-1 oleh Kolombia di fase grup. Saat itu pahlawan Kolombia Jeison Murillo mencetak gol di menit ke-36. “Neymar tahu ini laga penting dan dia tak akan mengulang kesalahan yang terdahulu. Saya kira Neymar pun sudah melupakan insiden dua tahun lalu,” ujar Micale. 

Sedang Luan yang mencetak gol keduanya kemarin berkata Brasil sudah keluar dari tekanan yang dihadapi. Terlepas performa lini depan yang kurang tajam, namun Brasil tetaplah Brasil. Favorit di semua turnamen sepak bola yang diikutinya. “Neymar sudah berpengalaman dan bisa mengontrol diri selama pertandingan. Namun untuk kemenangan ini, seluruh tim layak mendapatkan apresiasi,” tutur pemain 23 tahun itu kepada AP. (dra)

Berita Terkait