Akhiri Tahun 15 Ribu Pelanggan Indihome

Akhiri Tahun 15 Ribu Pelanggan Indihome

  Jumat, 18 December 2015 07:43

PONTIANAK-PT. Telkom Kalbar terus mendorong pemasangan jaringan internet yang akrab dikenal dengan nama Indihome. Hingga saat ini sudah ada 15 ribu pelanggan.“Kita akan tutup diangka itu untuk jumlah pelanggan Indihome dan 60 persennya ada di Pontianak,” kata General Manager Telkom Kalbar Abdul Hamid Ahrozi, belum lama ini.

Untuk tahun 2016, Abdul Hamid menargetkan jumlah pelanggan di Kalbar meningkat tiga kali lipat dibandingkan tahun ini. Meningkatnya jumlah target itu karena adanya perpindahan pelanggan. Dari yang speedy beralih menjadi pelanggan Indihome.

Namun dia mengakui untuk pemenuhan target itu maka Telkom harus siap dengan peralatan yang dibutuhkan. Seperti kabel distribusi dan fiber. “Kesulitannya pada ketersedian fiber dan kabel distribusinya. Misalnya di Singkawang, sudah siap untuk 15 ribu pelanggan. Tetapi dari Kantor Telkom Singkawang belum ada kabel distribusi ke pelanggan, misalnya ke Pasir Panjang atau Roban,” kata dia.

Untuk itulah pemasangan jaringan terus dilakukan. Selain di Kota Pontianak, pembangunan jaringan juga dilakukan di Bengkayang, Balai Karangan, Pemangkat, Samba dan Nanga Pinoh. Saat ini Pontianak sebagai basis penyebaran pelanggan tersebut. Hanya saja dia mengakui masih ada beberapa titik tertentu di kota ini yang masih belum terlayani untuk permintaan Indihome.

Akibatnya jika ada pelanggan maka harus menunggu dalam beberapa waktu tertentu untuk dilakukan pemasangan. Dia memastikan itu hanya mekanisme yang dilakukan Telkom untuk pelanggan yang ingin berinvestasi.

“Prinsipnya setiap permintaan pemasangan Indihome tetap kita layani. Jika memang belum jaringan, maka akan kita pasang. Misalnya di Paris II ujung. Di situ saja tidak ada tiang telkom, jadi pemasangannya butuh waktu,” jelas dia.

Untuk tarif pelanggannya, dia memastikan tidak ada perubahan. Meskipun ada penambahantarget pelanggan di tahun 2016. Dengan tarif bulanan sebesar Rp418 pelanggan tidak hanya bisa mengakses internet tapi juga UC TV 69 channel dan penggunakna telepon 1000 menit.“Kenaikan tidak ada. Pemasangan tetap Rp75 ribu dan itu dibebankan ke pembayaran di bulan pertama,” sebut dia. (mse)