Akhiri Kekerasan Terhadap Anak

Akhiri Kekerasan Terhadap Anak

  Rabu, 10 Agustus 2016 10:34
ANAK: Wagub Kalbar Christiandy Sanjaya menyerahkan penghargaan kepada anak berprestasi pada Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2016 tingkat Kalbar di Istana Rakyat, Sabtu (6/8). IST.

Berita Terkait

PONTIANAK — Kasus kekerasan terhadap anak begitu marak. Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Christiandy Sanjaya meminta seluruh komponen masyarakat turut melakukan pencegahan dan penanganan kasus yang terjadi. Pemerintah tak dapat bekerja sendiri tanpa dukungan masyarakat, dunia usaha, dan sektor lainnya.

 
“Seluruh komponen bangsa baik pemerintah maupun masyarakat diharapkan melakukan pencegahan dan penanganan kasus tersebut dengan caranya masing-masing, tetapi selalu berkoordinasi dan bekerja secara terpadu,” ujar Christiandy dalam acara puncak Peringatan Hari Anak Nasional Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2016, di Istana Rakyat, Sabtu (6/8).

Christiandy menjelaskan peringatan Hari Anak Nasional dilaksanakan sebagai upaya pemenuhan hak-hak anak, atas hidup, tumbuh kembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai harkat dan martabat kemanusiaan. Anak juga berhak mendapatkan perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Setiap anak memiliki kesempatan untuk mengembangkan dan mengepresikan diri dalam kegiatan yang positif. Ia mengajak seluruh komponen bangsa Indonesia khususnya di Kalbar melaksanakan kewajiban dan tanggungjawab yang diamanatkan UU Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak. Undang-undang tersebut melakukan perlindungan dan mewujudkan kesejahteraan anak dengan memberikan pemenuhan hak-haknya dan perlakuan tanpa kekerasan, eksploitasi, maupun diskriminasi.

“Semua komponen ini baik orangtua, keluarga, masyarakat, dunia usaha, pemerintah, dan negara. Anak sebagai tunas penerus cita-cita perjuanagan bangsa yang sangat berpotensi dan memiliki peran yang strategis,” katanya. (uni/r)

Berita Terkait