Akan Bangun Terminal ALBN

Akan Bangun Terminal ALBN

  Sabtu, 9 April 2016 09:48
TINJAU TERMINAL: Direktur Prasarana Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI, Wahjuningrum bersama rombongan, Kadishubkominfo Sumastro meninjau lokasi pembangunan terminal Antar Lintas Batas Negara (ALBN) kemarin. HARI KURNIATHAMA/PONTIANAK POST

Berita Terkait

SINGKAWANG—Kementerian Perhubungan RI meninjau lokasi yang rencananya akan dibangun terminal Antar Lintas Batas Negara (ALBN) di belakang terminal Induk Singkawang Jumat (8/4) kemarin. Rencananya ALBN yang akan dibangun menjadi pusat pelayanan transportasi darat untuk rute Singkawang-Kuching (Malaysia).

Direktur Prasarana Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI, Wahjuningrum bersama rombongan, Kadishubkominfo Singkawang meninjau lokasi pembangunan terminal Antar Lintas Batas Negara (ALBN). “Rencana pembangunan ini merupakan aspirasi daerah. Setelah ini kita akan sampaikan ke pusat," ujar Wahjuningrum.

Nantinya, kata dia, akan dilakukan pengkajian terkait letak geografis Kota Singkawang dengan perbatasan antara Malaysia-Singkawang, dikatakannya juga akan dilakukan kembali ditingkat pusat usai peninjauan lokasi. “Kita masih akan lakukan pengkajian lagi. Karena pembangunan ini bentuknya masih usulan,” ungkapnya.

Dia mengatakan, jika dilihat secara keseluruhan, pengembangan transportasi di Singkawang cukup besar. Trend Singkawang semakin hari juga semakin baik, hal ini dibuktikan setelah beberapa kali Singkawang mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat. Namun ditegaskannya, untuk pembangunan terminal ALBN diperlukan pengkajian dan tahapan-tahapan yang harus dilakukan terlebih dahulu. “Karena tidak mudah untuk mengucurkan anggaran dari pemerintah pusat dan ada birokrasinya, dari pemkot ke pemprov baru ke pemerintah provinsi, jadi tidak bisa serta merta,” katanya. ‎(har)

Berita Terkait