Akan Bangun Kantor Kemenhan

Akan Bangun Kantor Kemenhan

  Sabtu, 2 April 2016 09:41
SERAHKAN LKPD: Bupati H Rusman Ali menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2015 kepada Kepala Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Kalbar, Kamis (30/3) kemarin. ASHRI ISNAINI/PONTIANAK POST

Berita Terkait

KUBU RAYA – Kementerian Pertahanan berencana  membangun Kantor Pertahanan Wilayah disetiap provinsi di Indonesia. Kepala  Kantor Pertahanan atau  Desk Pengendali Pusat Kantor Pertahanan (PPKP) Kemenhan RI, Marsekal Pertama Rakhman Haryadi menyatakan Kantor Pertahanan atau  Desk Pengendali Pusat Kantor Pertahanan (PPKP) bertujuan untuk penguatan nilai wawasan kebangsaan, semangat bela negara dan nasionalisme.

“Karena letaknya yang cukup strategis saat ini kami berencana membangun Kantor Pertahanan di wilayah Kalbar tepatnya akan dibangun di Kabupaten Kubu Raya,” kata Marsekal Pertama Rakhman Haryadi saat menyambangi Kantor Bupati Kubu Raya dan diterima langsung Bupati Kubu Raya, Rusman Ali, Jumat (1/4)

Desk Pengendali Kantor Pertahanan di daerah merupakan pusat organisasi yang akan terus dibangun dan ditingkatkan agar lebih efektif dan efisien. “Tugas utama dari kegiatan kami nanti di sini dan disetiap provinsi di Indonesia adalah untuk memperkuat nasionalisme masyarakat kita serta semangat bela negara. Mengingat seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi ada pergeseran terhadap jiwa-jiwa nasionalisme dan pemahaman akan lambang dan simbol-simbol negara serta semakin menipisnya rasa memiliki akan bangsa ini,” papar Rakhman.

Keberadaan PPKP di daerah disesuaikan dengan situasi terkini yang terjadi di masyarakat. Tujuannya untuk penguatan nilai wawasan kebangsaan, semangat bela negara dan nasionalisme.

“Produk kebijakan strategis terutama mengamati dinamika yang terjadi baik global, regional maupun internasional, kaitannya dengan penyesuaian kita terhadap produk-produk strategis kita untuk pembangunan kekuatan kita,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Kubu Raya, Rusman Ali menyambut baik rencana Kemenhan yang akan membangun Kantor Wilayah Kalimantan Barat di Kabupaten Kubu Raya. “Saya sangat menyambut baik rencana itu. Saya berharap dapat bekerja sama dengan baik dalam upaya kita untuk memperkuat nasionalisme generasi kita, sebagai senjata ampuh untuk menangkal radikalisme dan pergeseran pemaham akan wawasan kebangsaan,” kata  Rusman Ali.

Rusman Ali menjelaskan pihaknya siap memfasilitasi dengan menyediakan lahan untuk lokasi pembangunan Kantor PPKP yang mana kebutuhannya sekitar tiga hektar. Menurut Rusman Ali kehadiran kantor PPKP Kemenhan di Kubu Raya tidak hanya dapat semakin meningkatkan pemahaman dan rasa nasionalisme masyarakat melainkan juga dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi masyarakat di sekitar perkantoran.

“Ini seiring dengan dan sejalan dengan program yang kami buat di Kubu Raya salah satunya muatan lokal yang menyangkut dengan budi pekerti dan muatan lokal keagamaan sebagai upaya kita untuk membangun nasionalisme dan kecintaan anak-anak dan generasi kita akan bangsa ini. Dan tentu nanti akan semakin kuat dengan adanya program dari Kemenhan ini,”pungkasnya. (ash)

Berita Terkait