Akademi Gizi SDM Singkawang PKL ke PI Indofood

Akademi Gizi SDM Singkawang PKL ke PI Indofood

  Selasa, 2 Agustus 2016 09:30
PRAKTIK LAPANGAN: Mahasiswa Akademi Gizi SDM Singkawang saat praktik lapangan di PT Indoofood CBP Pontianak, Jumat (29/7). FOTO IST

Berita Terkait

SINGKAWANG - Dalam rangka meningkatkan Kompetensi Mahasiswa, Akademi Gizi SDM Singkawang melakukan Trip ke dua tempat untuk praktik lapangan Jumat (29/7).Tempat yang pertama adalah PT.Indofood CBP Sukses Makmur Pontianak dan tempat yang kedua adalah Hotel Golden Tulip Pontianak, disambut oleh Branch Human Resource Officer (HRD), Suparman SE, Fauzan SH sebagai pihak Industrion Relation, dan R Hayashi Supervior Quality Control (QC).

 
Dalam kesempatan tersebut PT Indofood mengajak langsung mahasiswa  berkeliling area perusahaan untuk melihat langsung kegiatan dan proses produksi serta dilanjutkan dengan menyaksikan pemutaran filem tentang Profil PT Indofood dan kiprahnya sebagai MNC Company di Indonesia, terakhir ditutup dengan  panjelasan materi oleh narasumber diatas,serta  sesi tanya jawab dengan mahasiswa Akzi. Trip yang kedua dilanjutkan dengn melakukan praktik table manners  yang langsung diterima oleh Bagian Bunquet serta F&B (Food and Baverage) Hotel Golden Tulip Pontianak

Direktur Akademi Gizi SDM Singkawang DR (Cand), Sutendy Siregar MM mengatakan, ada beberapa mata kuliah yang berkaitan dengan dua kegiatan praktek ini yaitu teknologi pangan, gizi kuliner dasar dan lanjut, pendidikan konsultasi gizi dasar dan lanjut  serta manajemen sistem penyelenggaraan makanan.

Sutendy menjelaskan, ada beberapa hal penting yang diharapkan bisa bermanfaat untuk melatih kompetensi mahasiswa Akademi Gizi, yaitu pertama mahasiswa dapat melihat realisasi daripada penerapan HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point). HACCP merupakan sistem jaminan mutu (keamanan Pangan) yang diakui secara Internasional.

Secara umum penerapan HACCP bertujuan untuk meningkatan kesehatan Masyarakat dengan cara mencegah atau mengurangi kasus keracunan dan timbulnya penyakit melalui makanan/pangan.

Sedangkan manfaat yang didapatkan dari praktek Table Manners  adalah di era globalisasi saat ini kita perlu mengetahui tata cara “Table Manner”, dimana menguasai table maner merupakan bentuk citra diri, bahkan profesionalisme seseorang. Inilah yang diharapkan dari mahasiswa Akzi melakukan praktik langsung ke lapangan.

Akademi Gizi SDM Singkawang didirikan berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi nomor: 23/E/O/2014, Rekomendasi Badan Pengembangan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (BPPSDMK) Kemenkes RI nomor: TU.02.05/1.2/00500/2013, serta Rekomendasi Kopertis Wilayah XI Banjarmasin nomor: 1496/K.11.A/KL/2011, yang menawarkan pendidikan D-III bagi para calon ahli gizi dengan gelar Ahli Madya Gizi (Amd,Gz) yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan tenaga ahli gizi yang berkualitas, yang dapat memberikan alternatif strategi untuk menghadapi dan memecahkan masalah-masalah kesehatan masyarakat yang semakin komplek berkaitan dengan masalah gizi.(pms/ser)

Berita Terkait