Ajak Masyarakat Tanam Bawang Merah

Ajak Masyarakat Tanam Bawang Merah

  Jumat, 19 Agustus 2016 09:30
TANAM: Ketua TP PKK Prov Kalbar Frederika Cornelis (dua dari kiri) beserta Kadis Pertanian Kalbar Hazairin menanam bawang merah di kebun percontohan TP PKK Kalbar di Ngabang, kemarin (18/8). HUMPROV KALBAR

Berita Terkait

TIM Penggerak PKK Provinsi Kalbar melakukan penanaman bawang merah di tanah mineral di area kebun percontohan di Kabupaten Landak, kemarin (18/8).

Ketua TP PKK Prov Kalbar Frederika Cornelis SPd mengatakan, selain untuk percontohan, tanaman bawang ini juga dimaksud untuk melihatkan kepada masyarakat bahwa jenis tanaman ini juga bisa tumbuh di Kalbar.

“Bawang termasuk tumbuhan yang tidak juga terlalu sulit untuk ditanam dengan perawatan yang cukup dan pupuk yang sesuai dan di siram setiap hari. Jangan terlalu basah agar tanah tidak terlalu padat. Dapat dipastikan dalam waktu 55 sampai dengan 60 hari sudah bisa di panen," ujar Frederika Cornelis.

Selain itu, dia berharap terutama untuk TP PKK Kalbar untuk dapat mempraktikkan menanam bawang merah di rumah masing-masing sebagai contoh terutama bagi keluarga sendiri dan masyarakat pada umumnya.

TP PKK akan terus melakukan berbagai percontohan dan bekerjasama dengan dinas badan terkait karena semua ini untuk melihatkan kepada masyarakat agar bisa memanfaatkan lahan perkarangan  yang kosong agar tidak tidur. 

Frederika melanjutkan, selain sebagai penyedap rasa, bawang merah ini mempunyai kemampuan untuk memerangi penyakit kanker. Namun bukan hanya penyakit kanker saja, bawang merah merupakan sumber antioksidan yang sangat manjur untuk menangkal radikal bebas di dalam tubuh. 

“Di area kebun percontohan ini nantinya akan direncanakan ditanami bawang merah sebagian besar, kita juga berharap nantinya hasilnya akan dapat dilihat dan dijadikan sebagai contoh bagi masyarakat,” katanya.

Beberapa bulan lalu, TP PKK juga telah berhasil panen perdana melon, pare, cabai dan lain sebagainya. Hasil sangat memuaskan ini menunjukkan bahwa segala sesuatu kalau ada niat dan kemauan pasti bisa untuk dilakukan. “Contoh hal seperti cabai, tanaman yang mudah ini jangan sampai beli di pasar. Tanam saja di pot atau polibek pasti akan tumbuh dan berbuah,” ajaknya. (rinto/humprov/r*)

Berita Terkait