Ajak Hidup Sehat

Ajak Hidup Sehat

  Selasa, 18 Oktober 2016 09:30
KAMPANYE: Bupati Kubu Raya, Rusman Ali, bersama Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus turut mengkampanyekan pola hidup sehat salah satunya dengan membiasakan cuci tangan menggunakan sabun. Humas Pemkab KKR

Berita Terkait

KUBU RAYA – Sebanyak 1.000  pelajar SD dan SMP Kecamatan Sungai Raya dan Sungai Ambawang, Senin pagi (17/10) turut mengkampanyekan pola hidup sehat dengan mencuci tangan pakai sabun. Kegiatan yang dipusatkan di halaman kantor Bupati Kubu Raya itu juga diikuti segenap jajaran Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, “Saya berharap kampanye  pola hidup sehat ini bisa meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjalankan pola hidup sehat dalam kesehariannya,” kata Bupati Kubu Raya, Rusman Ali usai menghadiri peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia. 

Hari cuci tangan pakai sabun sedunia merupakan sebuah kampanye global yang dicanangkan PBB bekerjasama dengan organisasi-organisasi lainnya baik pihak pemerintah maupun swasta untuk menggalakkan perilaku mencuci tangan dengan sabun oleh masyarakat sebagai upaya untuk menurunkan tingkat kematian balita dan pencegahan terhadap penyakit yang dapat berdampak pada penurunan kualitas hidup manusia. 

Dipilihnya para pelajar untuk mengkampanyekan pola hidup sehat, dengan tujuan agar para pelajar tersebut bisa kembali mengedukasi masyarakat disekitar lingkungan tempat tinggalnya terutama keluarga. 

Dimana Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya memfasilitasi ke 1000 siswa ini dengan menyediakan puluhan ember dan ratusan sabun cuci tangan agar bisa langsung diimplementasikan oleh seluruh siswa yang hadir. 

“Karena program ini memiliki dampak yang cukup baik, kedepan saya minta Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk memfasilitasi seluruh sekolah di Kubu Raya dalam menggalakan program ini,”  kata Rusman Ali. 

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Berli Hamdani mengatakan pengumuman  penunjukkan hari mencuci tangan dengan sabun sedunia yang ditetapkan pada 15 Oktober pada tahun 2008 pada Pertemuan Tahunan Air Sedunia di Stockholm seiring dengan penunjukkan tahun 2008 sebagai Tahun Internasional Sanitasi oleh Rapat Umum PBB.  “Kami akan berusaha memfasilitasi semua kebutuhan dalam menggalakkan program ini, namun semua itu harus disesuaikan dengan anggaran yang dimiliki,” kata Berli Hamdani.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kubu Raya, Frans Randus menambahkan peringatan hari cuci tangan sedunia diharapkan bisa menjadi wadah untuk memperbaiki pola hidup sehat bagi masyarakat Kubu Raya. “Program ini juga membiasakan diri untuk mencuci tangan pakai sabun berarti mengajarkan anak-anak dan seluruh keluarga hidup sehat sejak dini. Cuci tangan pakai sabun dapat dengan mudah dilakukan dan tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak,” ungkapnya.(ash) 

Berita Terkait