Ajak Anak Berkreativitas sejak Dini

Ajak Anak Berkreativitas sejak Dini

  Senin, 23 May 2016 09:30
ANAK-ANAK KREATIF: Anak-anak TK saat tampil pada Lomba Kreatifitas Anak dan Guru TK serta PAUD tingkat Kabupaten, sepanjang 19 – 21 Mei lalu di Taman Wisata Pulau Kambing Kodim 1206 Putussibau. MUSTA’AN/PONTIANAK POST

Untuk mengembangkan potensi yang dimiliki serta peningkatan mutu pendidikan anak usia dini (Paudin) dan Taman Kanak-Kanak (TK), Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) Kabupaten Kapuas Hulu menggelar Lomba Kreativitas Anak dan Guru TK serta PAUD tingkat Kabupaten. Kegiatan tersebut sudah dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT ke-66 IGTKI.

MUSTA’AN, Putussibau

KEGIATAN berlangsung sepanjang 19 – 21 Mei di Taman Wisata Pulau Kambing Kodim 1206 Putussibau. Emirita Lalong, ketua IGTKI Kabupaten Kapuas Hulu, menyebutkan bahwa kegiatan diikuti 30 TK/PAUD dan enam guru. Untuk kategori anak-anak, mereka sampai menggelar beberapa lomba, di antaranya gerak dan lagu untuk anak, senam, melukis, menyanyi solo, finger painting, hingga celoteh anak. Sementara untuk guru, digelar cipta lagu serta gambar berseri.

"Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan apresiasi seni yang sesuai dengan norma-norma budi pekerti dan karakter anak, di antaranya membina, meningkatkan kreativitas, memotivasi anak didik TK menyalurkan minat, bakat,” jelasnya. Di samping itu, dia menambahkan, juga untuk meningkatkan kreativitas anak TK, meningkatkan rasa cinta tanah air dan rasa nasionalisme, serta memberikan dorongan maupun kesempatan kepada para guru TK.

Selain itu, harapan dia, juga untuk membiasakan guru TK kreatif mewujudkan buah pikirannya, serta menyalurkan bakat dan minat Guru TK. Emirita pun berharap, dengan kegiatan seperti ini, baik anak maupun guru dapat mengembangkan potensi dan bakat yang mereka miliki. Dia berpesan kepada anak-anak yang memiliki bakat seni apa saja, agar jangan malu dan takut tampil di depan umum. Untuk itu, dia meminta, baik orang tua maupun guru, agar dapat mendukung dan mendorong apa yang dilakukan oleh anaknya. "Daripada anak terpengaruh dengan hal-hal negatif, mendingan disalurkan bakat dan seninya seperti ini," tuturnya. 

Dari hasil para juara lomba, kata Emirita, baik itu anak maupun guru, dipastikan dia untuk jawara akan dibawa ke Kota Pontianak, mengikuti lomba tingkat Provinsi. “Nanti yang juara satu dibawa ke Pontianak,” janji dia.

Nana, guru TK/PAUD Tiara Desa Tanjung Jati, mengaku senang dengan adanya kegiatan seperti ini. Dari sini dia bisa mengikutsertakan anak muridnya dalam kegiatan yang sama. 

"Kegiatan seperti ini bagus. Karena bisa membangkitkan kreativitas anak, anak pun jadi berani tampil depan umum," tuturnya. Setelah muridnya mengikuti kegiatan seperti ini, dia yakin, anak tersebut akan suka tampil depan umum.(aan)