Adaptasi Pemain Baru, City Menang Susah Payah

Adaptasi Pemain Baru, City Menang Susah Payah

  Minggu, 14 Agustus 2016 08:21
FOTO twitter @premierleague

Berita Terkait

MANAJER Manchester City, Pep Guardiola, memuji performa dua pemain anyar yang bermain melawan Sunderland.

Adalah John Stones dan Nolito yang dianggap tampil sangat baik pada laga yang dimenangi The Citizens 2-1 itu.

Stones dan Nolito mungkin tak memperlihatkan sesuatu yang mencolok. Tapi, secara tim keduanya dianggap sangat luar biasa,

"Semua pemain baru bermain secara tim dan berjuang. Kami cukup lama berbicara agar semua bermain untuk tim dan ini baru langkah pertama," jelasnya pada konferensi pers.

"Tapi, jelas, bersama orang-orang baru, manajer baru, pemain baru, meraih kemenangan akan membantu kami lebih percaya dengan apa yang sedang diperjuangkan," tambah dia.

Man City memang kesulitan menghadapi Sunderland meski secara statistik mereka menguasai laga dan membuat banyak peluang.

Guardiola mengakui hal tersebut dan mulai merasakan beratnya berkompetisi di Premier League. "Ini sulit untuk semuanya dan karena itulah banyak orang mengatakan Premier League sangat berat," tuturnya.

"Meski begitu, kami bermain stabil dan pantas meraih kemenangan ini," tutup dia. 

Manchester City bersama manajer anyar Pep Guardiola, harus susah payah menjalani laga perdana Premier League.

Menghadapi Sunderland yang notabene memiliki kelas jauh di bawah mereka, The Citizens harus menang tipis dengan susah payah 2-1, Minggu (14/8) dini hari.

Manajer anyar Sunderland, David Moyes, memperlihatkan bahwa para pemainnya bisa memberikan semangat juang tinggi.

Walau pada akhirnya kelas kedua manajer terlihat saat pergantian pemain.

Gol penentu Man City pada menit ke-87 dibuat oleh pemain pengganti Sunderland yang baru bergabung dari Manchester United, Paddy McNair. Sang pemain mencetak gol bunuh diri.

Hebatnya, gol tersebut berawal dari umpan silang Jesus Navas yang menuju ke arah Fabian Delph yang memang dimarking oleh McNair.

Kedua pemain Man City di atas adalah pemain pengganti juga.

Sejak awal pertandingan, Man City memperlihatkan dominasi luar biasa dengan penguasaan bola 65-35. Baru berjalan empat menit, Raheem Sterling diganjal di dalam kotak penalti. Sergio Aguero mengeksekusi penalti dengan sempurna.

Man City terus mengepung pertahanan Sunderland tapi kesulitan meraih memperlihatkan kreativitasnya di depan gawang.

Serangan-serangan balik Sunderland yang berbahaya dan berbuah hasil pada menit ke-71. Melalui umpan manis Jack Rodwell, Jermain Defoe terbebas dan dengan mudah mencetak gol.

Beruntung, pada akhirnya gol bunuh diri McNair membuat Man City yang membuat lebih dari 600 passing sukses dan 16 tembakan pada laga ini menjadi istimewa. 

Kiper Manchester City, Willy Caballero, mengaku terkejut dijadikan starter oleh manajer Pep Guardiola saat menghadapi Sunderland.

Caballero memang hanya kiper kedua karena The Citizens memiliki Joe Hart yang hampir tak tergantikan dalam beberapa tahun terakhir.

Namun, gaya bermain Hart yang tak sesuai dengan Guardiola dikabarkan menjadi alasan dia dicadangkan.

Caballero pun bermain cukup apik pada laga yang dimenangi Man City tersebut.

"Jujur itu mengejutkan saya. Saya berlatih cukup baik sepanjang pramusim hingga akhirnya mendapat kesempatan ini. Saya menikmati laga tadi," jelasnya kepada BT Sport.

"Kami mengawali musim dengan baik dan mampu meraih tiga poin. Peluang untuk berkembang dan mengoreksi kesalahan akan lebih mudah ketika kita menang," tambah dia.

Ini adalah pertama kalinya Guardiola berkiprah di Inggris dan dia jelas membutuhkan waktu untuk beradaptasi.

Terlepas dari itu, para pemain Man City ternyata sudah bisa mengerti apa yang diinginkan Guardiola.

"Kami tahu apa yang dia inginkan, permainan seperti apa yang dia harapkan. Tapi, itu menjadi sedikit sulit karena semua pemain baru berkumpul dua pekan lalu," tuturnya.

"Kemenangan adalah cara terbaik untuk memulai sesuatu dan kami punya banyak waktu untuk terus berkembang," pungkas dia. (rap/JPG)

Susunan Pemain

Manchester City (4-2-3-1): Caballero; Kolarov, Clichy (Iheanacho 80'), Stones, Sagna; Silva (Delph 64'), Fernandinho; Nolito (Navas 59'), De Bruyne, Sterling; Aguero

Sunderland (4-2-3-1): Mannone; Van Aanholt, Kaboul, Kone, Love; O'Shea, Rodwell; Gooch (Khazri 65'), Borini, Watmore (Januzak 64'); Defoe (McNair 83')

 

Berita Terkait