Ada Rupa, Ada Harga

Ada Rupa, Ada Harga

  Selasa, 10 November 2015 08:36

Berita Terkait

BILA ingin yang lebih luas untuk mendapatkan orderan yang lebih besar, Anda bisa membuka tempat khusus jahit, semisal menggunakan ruko dan sejenisnya. Tapi modal yang digunakan tentu akan sangat besar, terutama uang untuk menyewa ruko. Salah satu usaha jahit yang cukup besar ada di Nusa Indah, yakni Family Tailor.Usaha yang satu ini terbilang cukup besar, dengan luas ruko yang lebar. Terdapat beberapa orang karyawan yang sedang sibuk menjahit. Di tempat ini menyediakan jasa jahit dengan patokan harga yang bervariasi. “Disini lebih banyak ambil upah jahit saja, bahan kebanyakan dari pemesan,” ucap Toni, sang pemilik.

Untuk pakaian cowok, kisaran upah yang ditawarkan yakni celana panjang Rp 180 ribu, baju batik dengan lapis Rp 250 ribu, baju batik lengan panjang tanpa lapis Rp 180 ribu dan baju lengan pendek Rp 150 ribu. “Kalau untuk perempuan tidak bisa ditaksir berapa, tergantung model dan ukuran yang dibuat. Standar ongkosnya itu dari Rp 475 ribu hingga 600 ribu,” katanya.Hanya saja kata dia, karena levelnya belum tahap desainer, maka upah yang ditawarkan tidak bisa besar. “Kami juga tidak bisa kasih tarif mahal, sebab kita bukan desainer yang bisa tinggikan harga,” ucap Toni.  

Sesekali kata dia, orderan bisa meningkat ketika ada yang pesan dalam jumlah banyak. “Kami sih tidak berani terima terlalu banyak, paling 50 hingga 100 pasang. Biasanya itu untuk kantor-kantor,” beritahunya. Kendala dalam bisnis yang satu ini, lanjut dia terletak pada penjahit. Sulit menemukan penjahit yang bisa sesuai keinginan. “Untuk jaga pelanggan itu khan dari hasil jahitan. Jadi kadang sulitnya nyari penjahit,” pungkasnya. (mrd)

Berita Terkait