Ada Rodhamin, Waspada Beli Kue di Pasar Juadah

Ada Rodhamin, Waspada Beli Kue di Pasar Juadah

  Senin, 20 June 2016 09:37
SAMPEL MAKANAN: Tim Dinkes Kota Singkawang saat melakukan tes sampel makanan ‎dan minuman yang berasal dari sejumlah pasar juadah baru-baru ini. Hari kurniathama/pontianak post

Berita Terkait

SINGKAWANG - - Masysrakat diminta waspada ketika membeli jajanan untuk santapan berbuka, pasalnya Dinas Kesehatan Kota Singkawang, menemukan kue yang mengandung Rhodamin saat melakukan pengambian sampel makanan dan minuman di sejumlah pasar juadah baru-baru ini.

"Dalam pengambilan sampel yang dilakukan, hanya ditemukan dua sampel makanan (kue) yang mengandung Rhodamin. Itupun hanya di wilayah Singkawang Barat," ungkap Kepala Seksi Pengendalian Makanan dan Bahan Berbahaya Dinas Kesehatan Singkawang, Rudy Susanto.

Dijelaskan Rhodamin ini tidak baik bagi kesehatan, makanya ini akan kita tindak lanjuti.

Harapannya, kata Rudi, agar cakupan sampel bisa merata. Kemudian kegiatan ini juga sangat didukung Balai BPOM Pontianak.

Ada sebanyak 30 petugas kesehatan yang turun dalam kegiatan ini. Dari 30 personel ini, tim dibagi untuk menjangkau ke lima kecamatan yang ada di Kota Singkawang.

Menurut dia, kegiatan yang dilakukan hanyalah bersifat untuk pembinaan saja. Atas temuan itu, pihaknya meminta pedagang pasar juadah untuk tidak lagi menerima kue dari titipan orang yang bersangkutan.  "Karena pedagang pasar juadah inikan, rata-rata menerima titipan orang. Jadi, kita sarankan untuk tidak lagi menerima kue dari orang yang menitipkan kue tersebut," katanya.

Kemudian, pihaknya juga meminta kepada petugas Disperindagkop dan Satpol PP untuk mendukung pihaknya dalam melakukan pembinaan kepada penjual kue yang bersangkutan. (har)

Berita Terkait