Ada Pejabat Tak Hadiri Pelantikan

Ada Pejabat Tak Hadiri Pelantikan

  Rabu, 26 Oktober 2016 09:30

Berita Terkait

KETAPANG - Pelantikan pejabat struktural di lingkungan Pemerintah Daerah Ketapang gelombang kedua berjalan lancar. Pelantikan dipimpin langsung Bupati Ketapang, Martin Rantan di Pendopo Bupati, kemarin (25/10). Dari 134 pejabat yang akan dilantik, beberapa di antaranya tidak hadir.

Dalam sambutan pelantikannya, Martin mengatakan ada beberapa pejabat yang tidak hadir. "Ada yang tidak hadir pada pelantikan hari ini. Saya hafal kepada wajah-wajah pegawai. Ketika disebutkan namanya, saya lihat satu persatu dan ada yang tidak hadir," kata Martin.

Atas ketidak hadiran pejabat pada pelantikan tersebut, Martin menyerahkan sepenuhnya kepada Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat). "Apakah mau dilantik ulang atau dicoret, itu terserah Sekda sebagai ketua Baperjakat," jelas Martin.

Usai pelantikan, Martin mengetahui ketidakhadiran pejabat tersebut dikarenakan sakit. Ada empat pejabat yang tidak hadir karena sakit. "Kalau dulu ada yang tidak mau dilantik. Ada juga yang mengundurkan diri. Tapi pada pelantikan ini semuanya mau. Kecuali yang tidak hadir karena sakit," ucapnya kepada wartawan.

Pelantikan tersebut sebagai tindak lanjut dari surat yang dikirim Kementerian Dalam Negeri terkait pro kontra pelantikan yang dianggap tidak sesuai pada beberapa waktu lalu. "Setelah pelantikan ini maka tidak perlu dipermasalahkan lagi. Kepada semua yang dilantik bekerjalah secara tenang sebagaimana sumpah dan janji yang diucapkan," pesannya.

Lebih lanjut Martin menjelaskan, pejabat yang dilantik semuanya berasal dari pelantikan yang bermasalah beberapa waktu lalu. Total pejabat yang dilantik berjumlah 135. "Kemarin Sekda sudah kita lantik. Jadi, hari ini 134 yang dilantik. Sebelum dilantik, kita berhentikan terlebih dahulu baru dilantik," paparnya.

"Pejabat yang dilantik juga menempati posisi yang sama seperti sebelum diberhentikan semenetara. Tujuannya mensinkronkan petunjuk administrasi," lanjutnya.

Kepada pejabat yang baru dilantik agar bisa bekerja semaksimal mungkin. Bahkan, Martin menyindir salah satu sekretaris camat yang sudah beberapa bulan tidak masuk kantor. "Ada sekretaris camat yang tidak bekerja dengan baik. Tolong diperiksa sekcam itu. Jika memang ada pelanggaran, laporkan. Akan saya teken jika memang untuk dipindah," tegasnya.

Ia juga meminta kepada kepala dinas, kepala badan dan kepala bagian untuk hadir saat diundang oleh DPRD Ketapang. "Saya sangat menyesalkan kalau ada pimpinan SKPD diundang DPRD rapat kerja tapi yang datang rapat hanya staf tidak bisa memberikan keputusan. Saya harap kedepan ini tak terjadi. Bupati dan jajarannya bersama DPRD harus terjalin hubungan baik," pesannya. (afi)

Berita Terkait