86 Orang CJH Sanggau Ikuti Manasik

86 Orang CJH Sanggau Ikuti Manasik

  Sabtu, 6 Agustus 2016 09:07
MANASIK: Suasana manasik haji di BAZ Sanggau yang dibuka langsung oleh Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot. SUGENG ROHADI/PONTIANAK POST

Berita Terkait

SANGGAU - Sebanyak 86 orang Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Sanggau mengikuti kegiatan manasik yang dilaksanakan di Kantor BAZ Sanggau di Jalan Haji Abbas, Kamis (4/8) kemarin. Kegiatan itu dibuka langsung oleh Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot.

 

Ketua Panitia, Yulius melaporkan untuk tahun 2016 ini jumlah calon haji asal Sanggau berjumlah 86 orang termasuk dengan petugas pembantu haji sebanyak 4 orang yang penunjukkannya sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Sanggau.

 

“Untuk persiapan haji tahun ini, kami sudah persiapkan semaksimal mungkin. Harapannya tentu saat pelaksanaannya kelak tidak ada kendala,” harap dia.

Dikatakannya, pelaksanaan manasik ini bertujuan untuk menambah, meningkatkan dan mempertajam tentang tata laksana ibadah haji sehingga rangkaian ibadah haji dapat dijalani dengan tertib dan lancar sesuai dengan syariatnya.

Sementara itu, Yohanes Ontot menyampaikan bahwa penyelenggaraan ibadah haji merupakan tugas nasional dan menyangkut martabat serta nama baik bangsa. Penyelenggaraan ibadah haji juga menjadi tanggung jawab pemerintah tak terkecuali Pemerintah Kabupaten Sanggau.

Menurutnya, dalam pelaksanaan didaerah, pembinaan bagi calon haji dilaksanakan oleh masing-masing Kantor Kementrian Agama di kabupaten atau kota setempat sesuai dengan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2008 Tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji.

Ontot berpesan agar peserta haji ini terus meningkatkan pengetahuan dan kemampuan teknis pelaksanaan ibadah haji secara benar sesuai dengan syariatnya. Selain itu, calon haji diminta untuk mentaati segala ketentuan yang berlaku baik dari Indonesia maupun yang ditetapkan oleh Pemerintah Arab Saudi sehingga pelenggaran dapat diminimalisir.

“Poin yang tidak kalah penting dan harus diperhatikan adalah dalam hal menjaga kesehatan, kekompakan dan juga kebersamaan selama berada didaerah orang lain nantinya,” tegas dia. (sgg)

Liputan Khusus: 

Berita Terkait