62 Peserta, Datang dari Kampung Terdekat

62 Peserta, Datang dari Kampung Terdekat

  Sabtu, 17 September 2016 10:46

Berita Terkait

 

SUNATAN MASAL : Warga Kecamatan Putussibau Selatan antusias mengikuti kegiatan sunatan masal yang digelar Puskesmas Putussibau Selatan.FOTO MUSTA’AN

Membantu warga kurang mampu di kecamatan Putussibau Selatan, pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu melalui Dinas Kesehatan menggelar sunatan masal gratis. Pesertanya pun lumayan banyak. Mereka berasal dari beberapa daerah terdekat.

 

 

Mustaan, Kapuas Hulu

 

Jumat (16/9) pagi masih sejuk. Beberapa bocah terlihat sumringah, bermain di halaman Puskesmas Putussibau Selatan. Sementara, pendampingnya, para ibu dan orang tua juga asyik mengobrol. Sesekali memperhatikan anak-anaknya yang akan disunat. Disamping, mereka juga menunggu tenaga medis yang bersiap mengkhitan.

Suasana mulai berubah, ketika anak-anak yang bermain tadi mendapat panggilan. Mereka pun bersiap. Hanya mengenakan sarung, para bocah itu dibujuk untuk memasuki kamar sunat.

Sebanyak 62 orang anak yang berasal dari keluarga kurang mampu disunat di Puskemas Putussibau Selatan.

PAnitia pun sibuk. Melihat animo besar, diyakini mereka kalau acara semacam ini akan berlanjut tahun depan.

Koordinator Sunatan Masal Puskesmas Putussibau Selatan Ramli Yarsa mengatakan, sunatan masal itu dapat terselenggara berkat kerjasama antara Dinkes Kapuas Hulu dengan Puskesmas Putussibau Selatan.

"Sunatan masal ini diperuntukan untuk masyarakat yang tidak mampu. Maka, yang datang banyak dari kampung-kampung, tidak hanya dari daerah Kedamin ini saja," terangnya.

Lokasi kegiatan tidak hanya di Puskesmas, sunatan masal ini telah mulai sejak Rabu (14/9) di Desa Lunsara.

"Yang mengikuti sunatan masal ini totalnya 62 orang. Rinciannya Desa Lunsara 14 orang, Kedamin Hulu 30 orang dan Gabungan Kedamin Hilir dan Tanjung Jati 18 orang," jelasnya. Tenaga medis untuk sunatan gabungan dari petugas Puskesmas Putussibau Selatan dan Dinkes Kapuas Hulu.

Dijelaskannya, petugasnya masing-masing operator sunat 5 orang, asisten operator 5 orang, Apotek 1 orang, adamin 1 orang dan tukang cuci alat 1 orang. Sunatan masal tersebut bukan hanya untuk orang muslim saja, akan tetapi untuk seluruh masyarakat tak mampu yang ada diwilayah kecamatan Putussibau Selatan.

"Yang ikut sunatan ini kebanyakan anak-anak yang berumur 9-10 tahun,"katanya.

Staf Dinas Kesehatan Kapuas Hulu Bagian Pelayanan Dasar dan Rujukan Agustina Rotua mengatakan sebelumnya Dinkes Kapuas Hulu juga telah melaksanakan sunatan masal di Kecamatan Bunut Hulu.

"Ada 100 orang yang disunat di Bunut Hulu bulan kemarin, Sekarang di Putussibau Selatan. Rencana setelah ini akan dilakukan sunatan masal juga di Kecamatan Jongkong dan daerah lainnya," tutur dia.

Diterangkannya, Dinkes Kapuas Hulu mengadakan program sunatan masal bila jumlah peserta yang akan disunat mencapai 50 orang dan lebih. Yang diprioritaskan adalah masyarakat yang berada di daerah terpencil dan sulit dijangkau.

"Program Dinkes bukan hanya sunat masal, jugaada pengobatan gratis, penyuluhan kesehatan berupa kesehatan gigi, cuci tangan serta pola hidup sehat," terangnya.

Dikatakannya, sebelum pelaksanaan sunatan masal ini dilakukan pihak puskesmas telah terlebih dahulu melakukan sosialisasi kepada masyarakat mulai dari tingkat dusun, desa, kelurahan sampai ke kecamatan.

"Dalam pelaksanaan sunatan masal ini tidak ada kendala. Sebab semua kebutuhan medis yang diperlukan tersedia termasuk peralatan dan obat-obatan kami sediakan," ucapnya. (*)

 

Berita Terkait