60-an Pelaku UMKM ikut Pameran Produk Unggulan

60-an Pelaku UMKM ikut Pameran Produk Unggulan

  Sabtu, 14 May 2016 13:57
PROMO UMKM: Wartawan Pontianak Post Ariestono belajar membatik di salah satu stand pameran produk unggulan daerah di PCC, Pontianak.

Berita Terkait

PONTIANAK - Pameran Produk Unggulan dan Khas Daerah kembali digelar di Pontianak Kalimantan Barat, 13-15 Mei 2016.

“Kami sangat mendukung penuh berbagai kegiatan pameran yang bertujuan mengangkat pelaku UMKM dan mendorong pelaku usaha naik kelas,” ujar Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kalimantan Barat Marsianus saat memberikan sambutan dalam pembukaan pameran, Kamis.

Marsianus mengatakan dengan pameran bagaimana pelaku usaha terbantu terutama dari sisi promosi. “Harapan kita pelaku usaha berkembang dengan adanya berbagai kegiatan seperti ini. Pelaku usaha mikro dengan kegiatan ini mungkin bisa naik kelas menjadi pelaku usaha kecil, dari pelaku usaha kecil menjadi pelaku usaha menengah kemudian menjadi pelaku usaha yang besar,” kata dia.

Pameran yang berlangsung selama emapat hari ini terselenggara atas dukungan dan kerjasama Kementerian Koperasi dan UMKM RI, Kementrian Perindustrian RI, Pemerintah provinsi Kalbar dan Pemerintah Daerah Kota Pontianak. Sekitar 60 stan turut meramaikan PUKD 2016. Peserta terdiri dari dinas maupun UMKM mandiri dengan berbagai produk khas daerahnya.

Selain stan Provinsi Kalbar dan Kota Pontianak, peserta lainnya dari Provinsi Kalsel, Kabupaten Kapuas Hulu, Kabupaten Sekadau, Kabupaten Deli Serdang, Kota Bogor, Kota Medan, Kota Semarang, Badan Narkotika Nasional, Balai Besar POM, Balai Taman Nasional Tanjung Puting, PT Bank Pembangunan Daerah Kalbar dan PT Karya Bahari Abadi.

Sementara itu, Direktur PT Pancawira, Dedi sebagai pelaksana pameran mengatakan pameran dengan 60-an peserta stan merupakan agenda tahunan yang sudah terselenggara untuk kedua kalinya. Dedi mengatakan berbagai produk dapat pengunjung jumpai dalam pameran yang digelar hingga Minggu (15/5). Produk yang ditampilkan juga tersedia berbagai produk unggulan olahan berikut turunannya. Tak mau ketinggalan kata Dedi, turut serta UMKM dan industri kreatif fashion.

“Salah satu produk unggulan Kota Pontianak juga selain lidah buaya dan produk turunannya, juga ada kopi. Seperti kita ketahui Kota Pontianak sudah terkenal dengan kopi khasnya. Di pameran ini banyak ditampilkan kopi khas Kota Pontianak. Produk lainnya olahan lidah buaya dan ratusan produk lainnya,” ujarnya.

Muhammad Noval, salah seorang pelaku UMKM di pameran itu menyebut kegiatan seperti ini cukup banyak membantu pihaknya dalam memperkenalkan produknya. “Produk saya adalah kemeja dari kain tenun Sambas. Selama ini saya rutin ikut pameran seperti ini. Produk saya dikenal juga oleh daerah lain karena, pameran ini skalanya nasional,” pungkasnya. (ars)

Berita Terkait