43 Napi Diberi Remisi

43 Napi Diberi Remisi

  Selasa, 12 July 2016 09:30
REMISI: Kepala Rutan Klas II B Sanggau, Isnawan menyerahkan remisi hari raya kepada narapidana di Rutan Sanggau. istimewa

Berita Terkait

SANGGAU – Sebanyak 43 narapidana di Rutan Sanggau mendapatkan remisi Idulfitri 1437 hijriah yang diberikan langsung Kepala Rutan Sanggau, Isnawan belum lama ini. Sebanyak 43 napi tersebut 22 orang mendapat remisi 15 hari dan 21 orang mendapat remisi satu bulan.

“Untuk napi yang kasus narkoba masih dalam proses di Jakarta. Usulannya masih menunggu persetujuan Dirjenpas. Tapi biasanya tetap dapat remisi, prosesnya paling cepat 2 minggu ke depan,” ujar dia.

Menurutnya, sebanyak 55 narapidana diusulkan untuk mendapat remisi khusus Idulfitri 2016. Sepuluh orang di antaranya terkait dengan PP 99. "Untuk Napi yang terkait dengan pidana khusus, seperti narkoba, itu yang banyak, semoga disetujui, sisanya pidana umum,” katanya.

Sebelumnya diberitakan harian ini, napi dengan pidana khusus diusulkan langsung ke Dirjen di Jakarta, baru mereka melakukan verifikasi,  sementara yang pidana kriminal umum biasa sampai ke Kantor Wilayah Kalbar.

Untuk saat ini, warga binaan Rutan Sanggau sebanyak 281 orang, dari angka itu, sekitar 70 persen napi kasus narkoba atau sekitar 200 lebih. Untuk remisi mereka yang khusus ini memang membutuhkan seleksi yang harus teliti.

Mengenai syarat, terutama untuk mereka yang pidana khusus, jika mengacu pada PP 99, mereka harus mendapatkan justice collabotor-nya dan surat keterangan tidak tersangkut perkara lain. “Apabila kedua syarat itu tidak ada bakal tak bisa diterima. Ini untuk yang sifatnya khusus saja,” tegasnya. (sgg)

Berita Terkait