40 Karung Gula Malaysia Disita TNI

40 Karung Gula Malaysia Disita TNI

  Sabtu, 25 June 2016 09:41
GULA: Gula asal Malaysia yang ditahan pihak TNI karena tidak melengkapi kelengkapan surat menyuratnya. SUGENG/PONTIANAK POST

Berita Terkait

SANGGAU - Sebanyak 40 karung gula dengan berat masing-masing 50 kilogram asal Malaysia disita Tentara Nasional Indonesia dari Kodim 1204 Sanggau, Rabu (22/6) kemarin. Gula tersebut diangkut dengan menggunakan mobil jenis Hi-Lux KB 3311 XX.

Di Indonesia, gula tersebut akan dijual kembali dengan harga yang lebih murah dari gula lokal. Penangkapan tersebut dilakukan atas dasar tidak adanya dokumen yang menyertai pembawaan gula tersebut.

“Kendaraan itu ditahan di Jalan Lintas Malindo KM 16 Dusun Sembuat Desa Sanjan Emberas Kecamatan Tayan Hulu,” ujar Dandim 1204 Sanggau melalui Dan Unit Intel, Pelda Mat Heri, Kamis (23/6).

Gula tersebut diketahui milik Ayub, 30 tahun, seorang warga Sosok di Rt 01 Rw10 Kecamatan Tayan Hulu. Gula tersebut didapatkan dari Yanti, warga Balai, Kecamatan Sekayam.

“Ayub ini juga sopir yang membawa gula itu. Rencananya gula akan dibawa ke Sosok dan akan diecer ke toko-toko disana,” ungkapnya.

Mengenai penahanan gula tersebut, Heri menyampaikan bahwa sekira pukul 20.00, anggota unit intel kodim melaksanakan monitoring wilayah yang dilakukan secara rutin. Tiba-tiba melintas kendaraan dimaksud melaju dari arah Kecamatan Sekayam menuju menuju Kecamatan Sosok.

“Kami curiga dengan muatan mobil. Setelah dikejar dan berhasil ditahan kemudian dilakukan pemeriksaan. Dari situ diketahui ada gula Malaysia sebanyak 40 karung,” katanya.

Saat ini, sopir dan gula tanpa dokumen tersebut masih ditahan pihak TNI. Secepatnya, pihak TNI akan melakukan koordinasi kepada kepolisian untuk ditindaklanjuti,” tegasnya. (sgg)

Berita Terkait