4 Siswa Numpang di Rumah Warga

4 Siswa Numpang di Rumah Warga

  Kamis, 12 May 2016 10:12
NUMPANG: Beberapa siswa SMP Negeri yang harus menumpang saat pelaksanaan ujian. OZY/PONTIANAK POST

Berita Terkait

Mengikuti Ujian di Sekolah Lain

SAMBAS- Empat siswa SMP Negeri 10 satu atap Tebas, harus mengikuti Ujian Nasional di dari SMP Negeri 1 Tebas. Mereka pun harus menginap di rumah warga selama pelaksanaan ujian berlangsung. 

Dikatakan Desti, tempat bersekolahnya yakni SMP N 10 satu atap Tebas. Di tahun ajaran 2015/2016 ini, siswa kelas tiganya hanya empat orang, awalnya enam orang tapi dua orang pindah sekolah. Atas kondisi tersebut, dirinya dan tiga siswa lainnya harus mengikuti ujian nasional menumpang di SMP Negeri 1 Tebas.

“Kita ujiannya di SMP Negeri 1 Tebas,” kata Desti. Bukan saja saat ujian dirinya dan tiga temannya harus menumpang di SMP Negeri 1 Tebas. Mereka pun harus menginap di rumah warga yang dekat dengan SMP Negeri 1 Tebas selama pelaksanaan ujian berlangsung. 

“Saya, Fita, Eka dan Ika harus tinggal di rumah warga agar selama menempuh ujian tidak kejauhan untuk datang ke tempat ujian dilaksanakan,” katanya.

Mereka pun harus jauh dari orang tua yang tinggal di SP II Trans Serat Ayon Desa Serat Ayon kecamatan Tebas Kabupaten Sambas. “Sedih juga meski meninggalkan rumah untuk beberapa hari. Tapi demi cita-cita dan ujian nasional, tetap harus dijalani,” katanya.

Hal sama diungkapkan Fita. Siswi yang juga harus melaksanakan ujian di SMP Negeri 1 Tebas ini pun mengaku meski tak lama. Sudah merasa kangen dengan orang tua dan keluarga di rumah yang juga di SP II Trans Serat Ayon Desa Serat Ayon kecamatan Tebas Kabupaten Sambas. 

“Saya ndak ernah meninggalkan rumah, dan jauh dari orang tua. Jadi kangen walaupun baru tiga hari meninggalkan rumah,” kata Fita.

Dirinya dan tiga teman lainnya pun berharap, hasil ujian yang dilakukan saat ini, yakni dengan menumpang bisa mendapatkan hasil baik. “Senang juga lah, kita makin tambah banyak kawan,” katanya. 

SMP Negeri 10 merupakan satu dari enam sekolah yang yang mengikuti UN, yang diselenggarakan di SMP Negeri 1 Tebas. “Lima sekolah yang ikut Ujian di SMPN 1 Tebas, yakni SMP Negeri Terbuka 1 Tebas dengan siswanya sebanyak 32 orang, SMP Negeri 5 satu atap Tebas dengan 24 siswa, SMPS Bukit Hermon Tebas dengan delapan siswa, SMPS Al Falah Tebas enam siswa. Serta SMPN 10 Tebas empat siswa. Sedangkan SMPN 1 Tebas sendiri terdiri atas 182 siswa. Jadi keseluruhannya 256 siswa,” kata Kepala SMP Negeri 1 Tebas, Bambang Triyono. (fah)

Berita Terkait