4 Sekolah Terima Dana Pembinaan

4 Sekolah Terima Dana Pembinaan

  Rabu, 12 Oktober 2016 09:30
PEMBINA: Bupati Mempawah, Ria Norsan menyerahkan dana pembinaan kepada empat sekolah yang mewakili Kabupaten Mempawah pada ajang lomba sekolah sehat.WAHYU/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

MEMPAWAH– Empat sekolah yang mewakili Kabupaten Mempawah pada ajang lomba sekolah sehat tingkat Provinsi Kalimantan Barat tahun 2016, menerima dana pembinaan masing-masing sebesar Rp 10 juta. Bantuan diserahkan langsung oleh Bupati Mempawah, Ria Norsan di Aula Kantor Bupati Mempawah, Selasa (11/10) pagi.

Keempat sekolah penerima dana pembinaan tersebut yakni TK Kartika XVII-08 Mempawah Hilir, SD Negeri 06 Siantan, SMP Negeri 01 Anjongan, dan SMA 02 Mempawah Hilir. Bupati berpesan agar keempat sekolah ini dapat menyiapkan diri dengan baik agar tampil maksimal dan meraih prestasi membanggakan.

 “Selamat kepada empat sekolah yang akan mengikuti lomba sekolah sehat di tingkat provinsi. Kami minta supaya segala sesuatunya dapat dipersiapkan dengan matang sesuai ketentuan dan pedoman yang ada. Yang terpenting semangat dulu untuk bisa meraih prestasi,” tegas Ria Norsan dalam arahannya.

Norsan menilai, Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) merupakan perpaduan antara upaya pendidikan dan upaya kesehatan yang saling membutuhkan. Kedua hal tersebut, menurutnya, menjadi faktor penentu yang saling terkait bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia.

 “Di satu sisi kesehatan sebagai prasyarat utama agar upaya pendidikan dapat berhasil, dan di sisi lain pendidikan yang diperoleh diharapkan dapat mendukung tercapainya derajat kesehatan masyarakat khususnya peserta didik,” tuturnya.

Norsan mengatakan, di antara dampak strategis dari keberhasilan pelaksanaan program UKS tecermin dari perilaku hidup sehat dan meningkatnya derajat kesehatan peserta didik. Sehingga diharapkan akan berkorelasi positif dalam membentuk dan mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas.

 “Saya mengapresiasi upaya dan langkah-langkah konkret yang dilakukan oleh tim pembina UKS kabupaten dan kecamatan serta stakeholder pendukung lainnya, seperti Bank Kalbar,” ujarnya.

Kepada Kepala SKPD yang tergabung dalam tim pembina, Ria Norsan berpesan agar memberikan dukungan maksimal guna percepatan program UKS di Kabupaten Mempawah. Hal itu sangat penting dalam upaya mempersiapkan generasi muda yang cerdas dan sehat. Begitu keterlibatan camat selaku ketua tim pembina UKS di kecamatan, agar mampu menggerakkan partisipasi masyarakat dalam mendukung program UKS khususnya dalam persiapan lomba sekolah sehat.

 “Mari kita jadikan sekolah sebagai media promosi kesehatan melalui keterpaduan dan komitmen bersama dari semua pihak,” serunya.

Sementara itu, Asisten Ekonomi dan Kesra Pemerintah Kabupaten Mempawah, H Ismail mengatakan, pembinaan program UKS di Kabupaten Mempawah mengacu pada Peraturan Bupati Nomor 15 Tahun 2016 tentang Pedoman Pembinaan Usaha Kesehatan Sekolah dan Madrasah di Kabupaten Mempawah. Sebagai implementasinya, maka dilaksanakanlah lomba penilaian sekolah sehat tingkat kabupaten. “Untuk persiapan lomba di tingkat provinsi, tim telah melaksanakan sejumlah upaya. Di antaranya rapat koordinasi terpadu antara tim pembina UKS dengan lintas sektor, termasuk camat dan kepala sekolah yang mewakili. Pembinaan dan supervisi serta pendampingan langsung juga telah dilakukan dari SKPD yang turun langsung ke sekolah-sekolah, termasuk salah satunya dari pihak perbankan, yakni Bank Kalbar,” singkatnya memaparkan.(wah)

 

Berita Terkait