347 Polri Siap Amankan 785 TPS

347 Polri Siap Amankan 785 TPS

  Senin, 7 December 2015 09:15
KESEHATAN: Anggota Polres Kapuas Hulu yang mendapat tugas pengamanan di kecamatan dan desa diberi bekal kesehata oleh Kapolres Kapuas Hulu AKBP Sudarmin SIK.FOTO MUSTA’AN 347 Polri Siap Amankan 785 TPS

Berita Terkait

PUTUSSIBAU—Komitmen Polri mengamankan jalannya pesta demokrasi secara serentak tanggal 9 Desember ini, hingga ke pelosok desa tidak perlu diragukan. Bahkan, akhir pekan ini jajaran Polres Kapuas Hulu sudah mulai memberangkatkan dan menempatkan anggotanya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 785 TPS yang tersebar hingga ke pelosok desa dan dusun di bumi uncak kapuas ini.

Kapolres Kapuas Hulu AKBP Sudarmin SIK  mulai akhir pekan ini (H-3) Pilkada, pihaknya sudah mulai memberangkatkan 347 persenil, terutama untuk daerah-daerah jauh dan sulit di jangkau."Ada 347 sudah diap diberangkatkan, untuk mengamankan 785 TPS yang ada di Kapuas Hulu. sebelum mereka berangkat kami beri pengarahan, perbekalan berupa amunisi kesehatan dan lainnya,”kata Sudarmin.

Sudarmin yang ditemui wartawan Minggu (6/12) menegaskan, penempatan 347 personil di TPS-TPS bukan berarti adanya kerawanan di Kapuas Hulu. Penambahan dan pergeseran personil Polri ini merupakan kewajiban dari petugas Polri untuk melakukan pengamanan di setiap TPS. “Penempatan anggota Polri di setiap TPS sudah terencana jauh hari. Jadi bukan kerena ada kerawnan," ungkapnya.

Sebelum melakukan pergeseran pasukan, Polres Kapuas Hulu sudah dibakcup oleh 120 personel dari Brimob, kemudian ditambah lagi dari personil TNI sekitar 100 orang. Hingga hari ini kata Kapolres, kondisi Bumi Uncak Kapuas dalam menghadapi pesta demokrasi masih aman dan kondusif. Adanya isu-isu yang menyebutkan Kapuas Hulu dalam Pilkada ini rawan tak perlu didengarkan secara serius.

"Itu hanya dilakukan oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab. Karena yang mengatakan itu tak punya data," terang Kapolres. Kendati Kapuas Hulu hingga hari ini tetap aman, pihaknya tetap selalu mengantisipasi dan mengawasi terjadinya hal-hal yang tak diinginkan. Setiap adanya keramaian saja, pihak polisi saja selalu menyiapkan intelijen, karena potensi yang tidak diinginkan tersebut pasti ada.
Kapolres yakin masyarakat Kapuas Hulu sudah memiliki wawasan yang cukup luas tentang Pilkada ini dan bagaimana menciptakan kondisi dilapangan agar aman dan kondusif. Kendati begitu ia tetap mengingatkan pada anggota untuk menjalankan tugasnya sebagai pengamanan, penegakan hukum jika terjadi tindak pidana Pilkada dan menjaga situasi Kamtibmas masyarakat sebaik mungkin.(aan)

Berita Terkait