30 SD/MI Ikuti Kegiatan Kesiswaan 2016

30 SD/MI Ikuti Kegiatan Kesiswaan 2016

  Selasa, 29 March 2016 10:15
BERSAMA: Foto bersama Kabid SD, Camat beserta jajaran dewan guru. ISTIMEWA/PONTIANAK

Berita Terkait

SUNGAI PINYUH- Sebanyak 30 Sekolah Dasar Negeri (SDN) dan Madrasah Ibtidayah (MI) se-Kecamatan Sungai Pinyuh ambil bagian dalam kegiatan kesiswa 2016. Kegiatan yang dipusatkan di SDN 02 Sungai Pinyuh itu akan berlangsung sejak tanggal 28 Maret-2 April mendatang.

Open seremony kegiatan kesiswaan Kecamatan Sungai Pinyuh tahun 2016 berlangsung semarak dan meriah. Dimulai dengan arak-arakan para peserta lomba dimulai dari SDN 01 Sungai Pinyuh, Pasar Sungai Pinyuh dan berakhir di SDN 02 yang menjadi lokasi pembukaan acara. Selain menampilkan aksi drum band, para tamu undangan juga disuguhkan dengan penampilan grup kesenian angklung dan senam cuci tangan dari siswa-siswi SDN 02 Sungai Pinyuh.

“Kegiatan kesiswaan ini merupakan program dari pemerintah pusat. Yakni dilaksanakan dari tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi hingga nasional. Seperti saat ini, kita melakukan seleksi ditingkat Kecamatan Sungai Pinyuh,” terang Kepala Bidang SD Disdikpora Mempawah, Sukriadi Masri ketika membuka kegiatan kesiswaan.

Sukriadi menyebut, dalam kegiatan kesiswaan itu ada beberapa rangkaian mulai dari Olimpiade Sains Nasional (OSN), Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) serta pentas Pendidikan Agama Islam (PAI).

“Disinilah tempat bagi para siswa-siswi untuk menyalurkan bakat olahraga dan seni yang ada dalam dirinya. Siswa dapat mengasah kemampuan yang dimilikinya hingga meraih prestasi yang membanggakan,” tuturnya.

Sukriadi mengungkapkan, kegiatan kesiswaan tersebut sebagai ajang seleksi bagi para peserta untuk menuju ke level tingkat kabupaten. Hanya siswa-siswi terbaiklah yang akan mewakili Kecamatan Sungai Pinyuh untuk berlomba pada ajang yang sama ditingkat Kabupaten Mempawah.

“Setelah ditingkat kabupaten, nanti akan kita seleksi lagi untuk tingkat provinsi yang diagendakan pada tanggal 22-24 April mendatang. Siswa terbaik akan menjadi wakil Provinsi Kalbar ditingkat nasional di Palembang,” paparnya.

Karenanya, Sukriadi berpesan kepada seluruh peserta kegiatan kesiswaan untuk menampilkan segala potensi yang ada didalam dirinya. Kerahkan segala kemampuan dan bekerja keras untuk mencapai prestasi terbaik.

“Selamat bertanding dan berlomba. Selalu junjung tinggi nilai-nilai sportifitas. Bagi yang kalah, jadikan motivasi agar lebih bekerja keras dimasa mendatang. Sedangkan bagi yang menang, terus motivasi diri untuk meraih prestasi yang lebih baik,” sebutnya.

Ditempat yang sama, Ketua Panitia Kegiatan Kesiswaan, Hepi Herdani mengungkapkan, ada 30 SD/MI se-Kecamatan Sungai Pinyuh yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Seluruh rangkaian kegiatan yang berlangsung sejak tanggal 28 Maret-2 April ini dipusatkan di SDN 02 Sungai Pinyuh.

“Ada empat segmen lomba yang akan dilaksanakan dalam kegiatan kesiswaan Kecamatan Sungai Pinyuh. Yakni seleksi OSN bidang studi IPA dan Matematika

yang telah dilaksanakan pada tanggal 24 Febaruari lalu. Alhamdulillah, siswa SDN 01 Sungai Pinyuh, Jonatan Lionardi mewakili Kabupaten Mempawah ditingkat Provinsi Kalbar,” paparnya.

Kemudian, sambung Hepi, juga dilaksanakan lomba O2SN yang berlangsung pada tanggal 28-30 maret 2016. Cabang yang dipertandingkan mulai dari atletik, bulutangkis, tenis meja, catur, sepak bola, volly ball, taqraw, renang dan karate.

“Berikutnya FLS2N yang dilaksanakan pada tanggal 30-31 Maret 2016 yang memperlombakan menyanyi solo, pidato bahasa indonesia, gambar bercerita, kreasi tari daerah, kriya anyaman dan pantomin. Terakhir, pentas PAI pada tanggal 1-2 April 2016. Kegiatannya, lomba azan, tilawah dan saritilawah, cerdas cermat, kaligrafi, tartil quran, hifzil quran, pidato cilik dan bercerita tokoh agama,” tukasnya. (wah)

Berita Terkait