30 Hektar Lahan Terbakar

30 Hektar Lahan Terbakar

  Selasa, 20 September 2016 09:37

Berita Terkait

SINGKAWANG—Sedikitnya 30 hektar lahan perkebunan milik masyarakat hangus terbakar di Kelurahan Semelagi Kecil dan Kelurahan Setapuk Besar, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

 

Kebakaran lahan mulai terjadi selama dua hari. Hingga sekarang petugas pemadam kebakaran sudah berusaha memadankan si jago merah. Supaya kobaran api tidak semakin meluas membakar lahan perkebunan milik masyarakat.

 

“Saat ini api sudah mulai dipadamkan. Tapi penyebab kebakaran lahan hingga sekarang belum bisa diketahui. Karena kebakaran mulai terjadi sejak kemarin,” ucap Kepala Lurah Semelagi Kecil Kusnadi, Senin (19/9) kepada media ini.

 

Dia mengatakan, kebakaran lahan kali ini terjadi di dua titik wilayah kelurahan. Yakni Kelurahan Semelagi Kecil lahan yang terbakar perekebunan karet, nenas dan perkebunan sawit. Sedangkan kebakaran lahan di Kelurahan Semelagi Besar ini antara lain perkebunan sawit yang juga milik warga sekitar.

 

Ia menuturkan, dampak terjadinya kebakaran lahan tidak terlepas dari kurangnya kesadaran dari masyarakat. Yakni mengantisipasi kebakaran hutan maupun lahan gambut yang berada di Kecamatan Singkawang Utara.

 

“Saat ini kondisi cuaca panas. Lahan gambut mudah terbakar. Jadi, masyarakat harus bisa menjaga kemanan dari kebakaran hutan maupun lahan,” ungkap Kepala Lurah Semelagi Kecil selesai memadamkan api di Jalan Sungai Pinang bersama petugas Manggala Agni dan TNI.

 

Sementara Danramil 16 Sedau Kapten Inf Taufik Wiramansyah mengatakan saat ini pihaknya sedang berupaya memadamkan kobaran api yang berada di Kelurahan Setapuk Besar, Kecamatan Singkawang Utara.

 

“Kita masih memadamkan api yang membakar lahan perkebunan milik masyarakat. Kebakaran lahan sudah mulai terjadi sejak kemarin di Kelurahan Semelagi Kecil. Saat ini kondisi api sudah kita padamkan, tapi pengamanan akan terus kita jaga agar kembaran tidak terulang kembali,” katanya.

 

Dia menyampaikan, kebakaran lahan kali ini merupakan kebakaran terluas, dikarenakan kobaran api terjadi dibeberapa titik lokasi. Sedangkan sumber air sulit diperoleh ditempat kejadian, hingga membuat petugas kewalahan meredam amukan si jago merah.

 

Ia mengungkapkan, puluhan personil petugas pemadam kebakaran diturunkan dan ditambah lagi bantuan warga sekitar guna mencegah meluasnya kebakaran hutan maupun lahan perkebunan milik masyarakat. Diperikirakan kebakaran lahan telah menghanguskan 30 hektar perkebunan milik masyarakat yang berada di Kecamatan Singkawang Utara.

 

“Sebelum kembaran hutan maupun lahan ini terjadi. Kami sudah menghimbau kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar. Jika kedapatan ada warga yang melanggar akan kita berikan sanksi sesuai peraturan yang berlaku,” tegas Kapten Inf Taufik Wiramansyah kepada media ini. (irn)

Berita Terkait