24 Atlet Dilepas ke PON Jabar

24 Atlet Dilepas ke PON Jabar

  Kamis, 15 September 2016 09:48
BERANGKAT: Bupati Ria Norsan didampingi Ketua KONI meyerahkan uang saku kepada atlet Kabupaten Mempawah yang akan berlaga di PON Jabar. WAHYU/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

Janjikan Bonus Peraih Mendali

MEMPAWAH– Sebanyak 24 atlet asal Kabupaten Mempawah akan bergabung dengan kontingen Provinsi Kalimantan Barat untuk berlaga pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di Jawa Barat. Puluhan atlet dan pelatih tersebut dilepas oleh Bupati Mempawah, H Ria Norsan, Rabu (14/9) pagi di Aula Kantor Bupati Mempawah.

 “Kami mengucapkan terima kasih kepada KONI Kabupaten Mempawah yang telah membina cabang-cabang olahraga berprestasi sehingga bisa mengikuti PON Jabar. Semoga pembinaan dan pelatihan yang telah berjalan dengan baik ini mampu membuahkan prestasi membanggakan. Yakni dengan membawa pulang mendali emas PON Jabar,” ujar Ria Norsan dalam sambutannya.

Meskipun membawa bendera Kalimantan Barat, menurut Ria Norsan, atlet asal Kabupaten Mempawah tetap harus mengenalkan identitas asal Mempawah di tanah Pasundan. Selain itu, atlet juga diminta selalu menjaga nama baik Kabupaten Mempawah dan Provinsi Kalimantan Barat selama mengikuti ajang PON.

 “Tolong dijaga nama kabupaten kita. Jangan sampai ada hal-hal negatif. Kami berharap para atlet kita bisa menjaga sikap, perilaku, dan ucapan khususnya selama pelaksanaan PON di Jawa Barat nanti,” berpesannya.

Dalam kesempatan itu, Bupati dua periode ini pun berpesan kepada official untuk senantiasa memberikan pembinaan dan motivasi para atletnya selama penyelenggaraan PON di Jabar berlangsung. Agar, para atlet mampu mengerahkan kemampuan terbaiknya dan berhasil meraih prestasi membanggakan yakni membawa pulang mendali.

 “Pemerintah daerah dan KONI sudah mempersiapkan penghargaan dalam bentuk bonus kepada atlet yang berhasil membawa pulang mendali. Bonus akan diberikan secara proporsional baik kepada atlet maupun pelatih,” tegas Norsan tanpa menyebut nominal bonus dimaksud.

Sementara itu, Ketua KONI Kabupaten Mempawah, Ali Bakar, menerangkan ke-24 atlet Mempawah yang memperkuat Kalimantan Barat merupakan atlet-atlet andalan daerah. Selain punya peringkat bagus di tingkat nasional, sebagian atlet merupakan penyumbang medali untuk kontingen Kalimantan Barat pada PON XVIII lalu di Riau.

 “Pada PON empat tahun lalu, kontingen Kalimantan Barat hanya mendapatkan enam emas. Tiga emas di antaranya disumbangkan atlet-atlet Kabupaten Mempawah. Mudah-mudahan pada PON di Jabar ini, atlet Mempawah kembali meraih prestasi membanggakan. Untuk jumlah kontingen Kalimantan Barat, Mempawah menjadi penyumbang atlet terbanyak kedua setelah Kota Pontianak,” papar Ali Bakar.

Ditempat yang sama, Perwakilan Pelatih dan Atlet Mempawah, Sunardi mengapresiasi perhatian penuh Pemerintah Kabupaten Mempawah. Menurutnya, pemerintah daerah telah memberikan dukungan maksimal yang diperlukan para atlet dalam meraih prestasi terbaik. Dia mencontohkan di cabang anggar, berkat dukungan pemerintah maka para atlet-atlet anggar daerah itu dapat melakukan pemusatan latihan selama dua pekan di Kuala Lumpur, Malaysia.

 “Selama di training camp atlet-atlet kita berlatih dengan atlet-atlet Malaysia. Kami sudah berusaha membangun reputasi mulai dari tingkat daerah, nasional, Asia Tenggara, Asia, hingga dunia. Semoga ini bisa kita jaga dan pelihara hingga PON XX di Papua nanti bahkan berkelanjutan,” harap pria yang juga Pelatih Anggar Mempawah itu.

Satu di antara atlet PON asal Mempawah yang berangkat ke PON Jabar, Listya Anggarini, mengaku gembira bisa dilepas langsung Bupati Mempawah, Ria Norsan dan jajaran pengurus KONI. Menurut dia, hal tersebut menjadi bukti perhatian Pemerintah Kabupaten Mempawah terhadap pembinaan olahraga di daerah, termasuk kiprah para atlet dan pelatih.

 “Semoga kami bisa membalas perhatian itu dengan prestasi maksimal. Terima kasih kepada pemerintah daerah dan KONI yang sudah memfasilitasi sedemikian rupa bagi kami para atlet dan pelatih. Kami mohon doa dari seluruh masyarakat Kalbar umumnya dan Mempawah khususnya agar bisa membawa pulang mendali,” singkatnya.(wah)

Berita Terkait