2 Manchester United vs Brighton 0, Good Job, Letnan!

2 Manchester United vs Brighton 0, Good Job, Letnan!

  Senin, 19 March 2018 11:00
Cetak gol : Pemain Manchester United, Nemanja Matic mencetak gol kedua bagi timnya saat melawan Brighton and Hove Albion pada perempat final FA Cup di Stadion Old Trafford, Manchester, (18/3). Reuters/Jason Cairnduff

Berita Terkait

MANCHESTER – Nemanja Matic bak melunasi hutangnya ke Jose Mourinho. Semasa masih bersama Mourinho di Chelsea pada 2013-2014, Matic gagal main dengan performa terbaik dan kalah 0-2 atas Manchester City di Etihad, Manchester, dalam babak 16 Besar Piala FA. Trofi di Piala FA jadi satu-satunya gelar domestik yang tak didapat Mourinho pada periode keduanya.

Nah, di Old Trafford, Manchester, kemarin WIB (18/3), dia menuntaskannya. Matic jadi roh di balik sukses Mourinho comeback ke semifinal Piala FA yang tak pernah dia capai setelah pulang ke tanah Inggris, musim panas 2013. United melangkah ke semifinal setelah menang 2-0 (1-0) atas Brighton and Hove Albion pada perempat final Piala FA. 

Matic yang notebene letnannya Mourinho sejak di The Blues itu mencetak satu gol pada menit ke-83. Matic pula yang jadi kreator di balik gol pembuka dari Romelu Lukaku saat menit ke-37. Ini kali kedua Matic mencetak gol plus assist dalam satu laga sejak Agustus 2014 ketika dia masih di Chelsea bersama The Special One. 

''Ini reaksi kami (setelah tersisih dari Liga Champions), dan kami tak ingin cuma sebatas lolos ke semifinal. Kami juga ingin trofi Piala FA, trofi terpenting kami,'' ungkap gelandang 29 tahun itu dalam wawancaranya kepada BT Sport. Ini juga pembuktian Matic setelah dipuja-puji Mourinho saat United kalah atas Sevilla pada leg kedua 16 Besar Liga Champions (14/3). 

Tak hanya jadi mesin gol. Ini kali kedua bersama Matic di Piala FA tak satu pun gol bisa menjebol gawang United. Sebelumnya dengan Matic, gawang United pun clean sheet melawan Huddersfield pada putaran kelima Piala FA (18/2). ''Kami sudah kembali, dan inilah yang harus kami pertahankan sampai akhir,'' klaim gelandang yang dibeli United dari Chelsea sebesar GBP 40 juta (Rp 766,5 miliar) itu. 

Bagi Matic, ini kali kedua beruntun dia mampu membawa klubnya lolos ke semifinal. Di musim lalu, Chelsea dibawanya sampai ke final sebelum dikalahkan Arsenal 1-2. Karena Matic juga United eranya Mourinho mampu mencatatkan rekor sensasional. Baru kali ini United pada era Mourinho semua gol-golnya dalam satu laga terjadi dari heading. 

Bagi Lukaku, golnya kemarin jadi lanjutan kontribusinya bagi United. Lukaku pada lima laga terakhir selalu mencatat kontribusi. Tiga gol dan dua assist jadi perolehan Lukaku, dimulai dari laga menghadapi Chelsea (25/2), Crystal Palace (6/3), Liverpool (10/3), Sevilla (14/3), dan Brighton. 

Namun, hanya Matic yang bisa membuat Mourinho berdecak kagum. Tidak hanya ketika dibandingkan dengan efek dari Lukaku, begitu pun performa skuad United keseluruhan. ''Matic  itu seperti pulau yang dipenuhi kepribadian yang bagus, keinginan dan kontrol. Berkali-kali dia bisa seperti itu. Sayang, dia dikelilingi kekurangan kepribadian, kelas dan keinginan,'' begitulah pujian Mourinho pada Matic, sekaligus sindirannya kepada anak buahnya yang lain. 

Dia mencontohkan Scott McTominay, gelandang bertahan belia yang beberapa pekan ini sering dia puji. McTominay kembali jadi duet Matic sebagai double pivot United. Dan, kemarin gelandang yang akan debut dengan timnas Skotlandia itu sering salah umpan. ''Ini cuma tentang mentalitas. Untuk jadi pemain United, Anda harus sempurna dari sisi kualitas, kepribadian, dan konsistensi,'' kritik Mourinho. 

Dilansir Goal, Mourinho mengklaim kemenangannya kemarin hanya kebetulan. ''Karena kami bisa mencetak dua gol, dan mereka tidak. Tapi, tidak dengan cara bermainnya. Kami tidak bermain seperti apa yang saya inginkan,'' tambah Mourinho. Apalagi, calon lawan United pada semifinal nanti jauh lebih berat ketimbang The Seagulls. Selain Tottenham Hotspur, masih ada Chelsea dan Wigan Athletic. Dua klub terakhir masih menjalani laga perempat final Piala FA-nya tadi malam WIB. (ren)
 

Berita Terkait