175 Cupang Pilihan dari Tiga Ketegori Dipajang

175 Cupang Pilihan dari Tiga Ketegori Dipajang

  Senin, 24 Oktober 2016 09:30

Berita Terkait

MEMASUKI arena kontes, terlihat banyak ikan-ikan kecil namun cantik. Beraneka warna. Perhelatan ini adalah pertama kalinya digelar di Pemangkat, kabupaten Sambas. 26 peserta dengan menampilkan 175 ekor ikan Cupang Hias, Ahad (23/10) di halaman kantor Camat Pemangkat kemarin.

"Peserta berasal dari Kabupaten Sambas dan Kota Singkawang," ungkap Humas Komunitas Ikan Cupang Hias Pemangkat (KICHP), Iman Emirsyah.

Dalam kontes ini, satu peserta bisa ikut diberbagai kategori. Ada tiga kategori yang dipertandingkan Halfmoon, Serit (Jarum) dan Plakat.

Emir mengatakan Kegiatan yang digelar Komunitas Ikan Cupang Hias Pemangkat (KICHP) dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober.

Salah satu peserta Bayu (34) warga Jalan Suhada Singkawang Tengah mengatakan keikutsertaan untuk memamerkan ikan miliknya tentu saja karena ia begitu menggemari ikan Cupang Hias ini.

"Selain karena hobi juga menghasilkan secara ekonomi," katanya.

Dalam kontes ini, kata dia, ikut kategori Serit atau awamnya dikenal ekor jarum, panjang seperti berduri-duri.

Kalau soal harga, kata dia, jika dijual tergantung peminatnya layaknya seperti harga jual batu cincin.

"Harga tergantung, jika yang saya alami ada orang suka dan menawarkan seharga Rp 600.000 tipe koi," katanya. Bagi dirinya nenggemari ikan hias Cupang ini hobi, selain itu dari segi pemeliharaan sangat mudah dan murah.

Sementara itu, salah juri dalam kontes ini, Hendra Sukandri dari Singkawang mengatakan penilaian kontes ini ada standar nasional dan standar internasional. "Tapi kontes ini menggunakan standar nasional," katanya.

Dimana secara umum, jelas dia, poin penilaian dalam kontes Cupang Hias mulai keserasian warna, keindahan, kerapihan, ukuran tubuh, kesehatan dan mental.

"Dan masing masing kategori dalam kontes ini ada masing masing poinnya tidak sama apa yang dinilai," katanya.

 

Ikan Termahal

Dari infosiana.net disebutkan bahwa jenis ikan Cupang Hias dan aduan termahal di dunia 2016 ialah satu diantara tipe ikan hias yang ter populer di Indonesia. Ikan cupang ini memiliki bentuk tubuh yang cantik, sehingga banyak orang yang memiliharanya di aquarium ataupun tempat lainnya.

Ikan cupang merupakan ikan hias air tawar yang sangat gampang untuk dipelihara bahkan dikembang biakkan. Ikan cupang (Betta sp.) yaitu jenis ikan air tawar yang banyak hidup di negara-negara tropis. Habitat Ikan Cupang ada di rawa-rawa, danau, dan sungai yang berarus tenang.

Satu diantara keunggulan ikan cupang diantaranya yaitu daya tahannya terhadap lingkungan tempatnya hidup. Jenis Ikan cupang mampu hidup pada lingkungan air yang miskin oksigen.

Dikenal sebagai ikan petarung, agresif dan suka menyerang. Beberapa jenis ikan cupang memiliki warna tubuh yang menarik, bentuk siripnya indah, gerakannya tenang dan berwibawa. Ikan cupang dipelihara sebagai ikan hias dan ikan aduan.

Habitat asli ikan cupang tersebar di wilayah Asia Tenggara, meliputi Thailand, Vietnam, Kamboja, Malaysia, Brunei dan Indonesia. Ikan ini banyak ditemukan di rawa-rawa, danau, lubuk, sawah, dan selokan yang menggenang.

Kebanyakan pehobi mengenal jenis ikan cupang dengan berbagai sebutan nama indah, seperti bulan sepotong (halfmoon), serit (crown tail), laga (plakat), cagak (double tail), dan berbagai variasi silangannya. Nama-nama tersebut ditentukan dari bentuknya, misalnya halfmoon memiliki sirip yang membentuk setengah lingkaran, serit memiliki sirip yang bergerigi runcing seperti sisir.

Dalam klasifikasi ilmiah, ikan cupang termasuk dalam keluarga Osphronemidae, genus Betta, spesies Betta sp. Menurut Fish Identification, hingga saat ini telah diketahui 73 spesies ikan cupang yang terdapat di alam.

Spesies-spesies tersebut dikelompokkan ke dalam kompleks. Pengelompokkan ini dibuat untuk tujuan konservasi, kemudahan budidaya dan penyilangan (breeding). 

Terdapat lebih dari 13 kompleks ikan cupang, yang paling populer adalah splendens complex. Antar spesies dalam satu kompleks biasanya bisa disilangkan. Splendens complex terdiri dari lima spesies, diantaranya Betta stiktos, Betta mahachai, Betta smaragdina, Betta imbellis, dan Betta splendens itu sendiri.

Kebanyakan ikan cupang yang dijual dipasaran berasal dari kelompok splendens complex. Jenis yang paling populer adalah Betta splendens atau sering juga disebut sebagai Siamese fighting fish alias ikan petarung dari Siam. Beberapa silangan dari Betta splendens menghasilkan jenis-jenis ikan cupang yang menarik. (beberapa sumber lain)

Berita Terkait