17 Agustusan Dipusatkan di Desa Padang

17 Agustusan Dipusatkan di Desa Padang

  Rabu, 27 July 2016 09:30
SIAP DIGEBER: Seluruh jajaran instansi terkait, hingga TNI dan Polri turut terlibat dalam rapat persiapan upacara bendera 17 Agustus, yang rencananya bakal dipusatkan di Desa Padang, Kecamatan Kepulauan Karimata. DANANG PRASETYO/PONTIANAK POST

Berita Terkait

SUKADANA – Seketaris Daerah (Sekda) Kayong Utara Hilari Yusnani berharap kepada seluruh seksi yang terlibat dalam kepanitian Upacara 17 Agustus mendatang, untuk menyampaikan rencana kerja mereka masing-masing. Pasalnya, agenda besar tahunan tersebut akan digabung dengan hari ulang tahun (HUT) Kabupaten Kayong Utara. Pesan tersebut disampaikan dia pada rapat kali kedua persiapan pengibaran bendera 17 Agustus, yang akan dilaksanakan di kepulauan terluar, tepatnya di Desa Padang, Kecamatan Kepulauan Karimata. 

 
“Kita membahas hiburan HUT KKU (Kayong Utara) kemarin, ini kita satukan (dengan peringatan 17 Agustus) karena waktunya juga tidak terlalu berjauhan. Jadi rapat hari ini guna mengecek kesiapan masing-masing seksi, yang terlibat di dalam kepanitian sejauh mana. Tadi dari seluruh seksi sudah menyampaikan rencana kerjanya, dan mereka sudah siap semua,” kata Sekda.

Mengenai upacara bendera 17 Agustus, Hilaria menjelaskan akan tetap dilaksanakan di dua tempat berbeda. Kedua tempat yang dimaksud dia yakni di Kota Sukadana sebagai ibukota kabupaten dan di Kepulauan Karimata yang mana  masuk dalam rangkaian kegiatan Sail Selat Karimata.

“Upacara 17 Agustus sendiri kita laksanakan di dua tempat, jadi di ibukota kabupaten tetap dilaksanakan, dan yang kedua berkaitan dengan rangkaian Sail Selat Karimata, itu kita juga melaksanakan di kepulauan terluar Kalimantan Barat ini di Kecamatan Kepulauan Karimata,” terang Hilaria usai memimpin rapat di Gedung Balai Praja Kantor Bupati, Selasa (26/7).

Mengingat upacara ini sebagai satu kesatuan dalam rangkaian Sail, maka diungkapkan Sekda bahwa pemimpin upacara di daerah kepulauan terluar ini adalah dari Dirjen Kemenko Kemaritiman langsung. “Di Kepulauan Karimata, untuk inpektur upacara sendiri akan di pimpin dari Dirjen Menkomaritim,” tukasnya.

Pihak panitia sendiri dipastikan dia sudah melakukan berbagai macam persiapan, mulai akomodasi, transportasi, penginapan, dan keperluan lainnya bagi para tamu yang hadir. Adapun tamu yang hadir, menurut dia, berasal dari pusat, provinsi, dan Kabupaten Ketapang.

“Seperti laporan dari Kepala Kasbangpol tadi, kita sudah menyiapkan rumah-rumah penduduk, juga bekerja sama dengan Panitia Sail Selat Karimata. Terdapat 50 rumah penduduk yang siap dihuni nantinya. Dan mengenai transportasi, kita sudah menyiapkan beberapa speedboat, kapal yang akan kita koordinir pengangkutannya untuk para tamu pusat yang hadir pada 17 Agustus nanti,” jelasnya.

Selain itu, dirinya juga mengimbau kepada masyarakat  di Kabupaten Kayong Utara untuk  agar dapat memasang bendera merah putih pada H-7 hingga H+4, pada peringatan hari kemerdekaan. “Pada peringatan hari kemerdekaan nanti semua saya harapkan dapat memasang bendera di depan rumahnya masing-masing,” imbuhnya. (dan)

Berita Terkait