163 Anggota Polres Mempawah Negatif

163 Anggota Polres Mempawah Negatif

  Kamis, 21 April 2016 11:04
URINE : Petugas BNN sedang melakukan tes urine jajaran Anggota Polres Mempawah. WAHYU/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

Hasil Tes Urine

MEMPAWAH- Polres Mempawah menutup rangkaian Operasi Bersinar dengan melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) tes urine, Rabu (20/4) pagi di Mapolres Mempawah. Sebanyak 163 personil kepolisian menjalani tes urine oleh petugas BNN Mempawah. Hasilnya, semua urine dinyatakan negatif.

“Pemeriksaan terhadap urine jajaran Polres Mempawah, hasilnya negatif. Sempat ada satu orang yang urine nya mengandung zat (kandungan narkotika). Namun, setelah kita cek yang bersangkutan sedang mengkonsumsi obat dokter. Dan sudah dikonfirmasi langsung kepada dokter bersangkutan,” terang Kepala BNN Mempawah, AKBP Abdul Haris Daulay, SH.

Sementara itu, Kapolres Mempawah, AKBP Suharjimantoro, S.Ik menerangkan, tes urine yang dilakukan pihaknya sebagai penutup rangkaian operasi bersinar yang telah dilaksanakan sejak sebulan lalu. Sebelumnya, seluruh anggota kepolisian tidak pernah diberitahukan akan pelaksanaan tes urine tersebut.

“Seluruh anggota termasuk Kapolsek pun tidak tahu akan dilaksanakannya tes urine ini. Saya intruksikan seluruh satuan untuk mengumpulkan jajarannya mengikuti apel pagi. Semua anggota yang dinas diluar pun dikumpulkan,” terang Kapolres.

Usai mengikuti apel, imbuh Suharjimantoro, maka pihaknya pun mengumumkan pelaksanaan tes urine. Sehingga, para anggota tidak ada yang bisa mengelak atau menghindari tes urine yang dilaksanakan Polres Mempawah bekerjasama dengan BNN Mempawah itu.

“Sehingga tidak ada lagi anggota yang tidak mengikuti tes urine. Sedangkan untuk Polsek yang lokasinya jauh dari Polres, nanti akan kita kirim tim sidak. Kapan waktunya akan dirahasiakan,” ujarnya.

Kapolres berharap, dalam pemeriksaan itu tidak ada anggota nya yang mengkonsumsi narkotika. Sebab, selaku aparat penegak hukum pihaknya senantiasa mengkampanyekan gerakan anti narkotika dilingkungan masyarakat. Tentu akan miris jika terbukti ada jajarannya yang mengkonsumsi barang haram itu.

“Kalau pun ada anggota yang mengkonsumsi narkoba, pasti akan kita tindak sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku. Baik penindakan disiplin maupun kode etik Polri. Termasuk pula sanksi pidana jika terbukti anggota bersangkutan terlibat dalam jaringan peredaran narkotika,” tegasnya.

Disinggung hasil tes urine yang dilakukan jajaran Polda Kalbar beberapa waktu lalu, Kapolres tidak membantah ada dua orang anggota Polres Mempawah yang  positif mengkonsumsi narkotika. Kini, kedua anggota tersebut sedang menjalani rehabilitasi di Sekolah Polisi Negara (SPN) dibawah  pengawasan Polda.

“Kedua anggota tersebut sedang mengikuti pelatihan di SPN. Nah, ketika dilakukan sidak dan tes urine, keduanya terbukti positif. Atas kebijakan Pak Kapolda, mereka pun direhabilitasi di SPN. Mudah-mudahan rehabilitasi ini efektif untuk menyembuhkan,” harapnya mengakhiri.(wah)
 

Berita Terkait