156 Kios Pasar Rakyat Tebas Rampung , Maret Ini akan Difungsikan

156 Kios Pasar Rakyat Tebas Rampung , Maret Ini akan Difungsikan

  Selasa, 23 February 2016 09:58
SIAP DIRESMIKAN: Pasar Rakyat Tebas yang akan segera difungsikan, bakal menjadi ikon tersendiri buat Kecamatan Tebas. Sebanyak 156 kio di pasar tersebut telah rampung dibangun. WWW.MASTURNADO.COM

Berita Terkait

TEBAS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sambas melalui Dinas Koperasi, UMKM, Industri, dan Perdagangan (Diskumindag) memastikan Pasar Rakyat Tebas dalam Maret ini akan mulai beroperasi. 

"Dari 156 kios pasar dan los yang ada, kios sebanyak 42 buah dan los 114 buah, tahap pertama cabut undi sebanyak 72 los khusus pedagang kuliner yang berada di lantai atas, sedangkan sisanya akan diundi tanggal 29 Februari 2016 di Aula Gedung Serbaguna, Kantor Camat Tebas," jelas Uray Tajudin, kepala Diskumindag Kabupaten Sambas, Senin (22/2) kemarin.

Menurutnya, cabut undi kios dan los tersebut diutamakan kepada pedagang asal. Dia menjelaskan jika pedagang asal telah dilengkapi dengan surat pernyataan dan mau membuat pernyataan membayar retribusi setiap harinya sebesar Rp4 ribu bagi pedagang kios, dan Rp3 ribu retribusi los. "Retrisbusi ini sesuai Perda Kabupaten Sambas Nomor 9 Tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Umum, dan dalam Perda tersebut dijelaskan retribusi kios berpintu Rp4 ribu, kios tidak berpintu Rp3 ribu, los perpetak Rp3 ribu, dan pelantaran atau lapak Rp2 ribu," ungkapnya.

Dibangunnya Pasar Rakyat Tebas tersebut, dijelaskan dia, tujuannya untuk melakukan penataan pedagang di Pasar Tebas. Sebelumnya, diakui dia, kondisi pasar di sana sangat tidak rapi, sehingga mengganggu aktivitas jalan raya. Bahkan, dia menambahkan, dalam realisasinya, para pedagang hanya wajib membayar retribusi, listrik, ledeng, dan lain-lain, termasuk keamanan ditanggung pedagang. Sedangkan Pemkab, dipastikan dia, telah menyediakan etalase kuliner untuk mereka berjualan, meja buah, dan lain-lain, termasuk musala. 

"Konsep ini kita buat agar pedagang bisa lebih rapi dan kompak di bawah kordinator. Karena semua kita serahkan kepada pedagang dalam memilih ketua secara musyawarah," jelasnya. Mantan Camat Pemangkat ini menegaskan, untuk 72 los yang telah diundi, para pedagang kuliner sudah bisa langsung melengkapi peralatan kulinernya secara serentak dan dapat memulai berjualan. Harapan dia, aktivitas pasar rakyat ini akan menjadi semarak, di mana sisanya menunggu cabut undi pada 29 Februari mendatang.

"Kalau cepat beroperasi, masyarakat bisa langsung berkunjung. Makanya suasana bersih dan rapi harus terus dijaga, sehingga konsumen terus ramai berdatangan," imbaunya.Untuk tahun 2016 ini, diungkapkan dia, masih ada beberapa pasar rakyat tradisional modern yang telah rampung. Di antaranya, disebutkan dia, pasar tradisional Subah dan Teluk Keramat. Sedangkan pasar rakyat Sambas tahun ini, dipastikan dia, akan dibangun di lokasi Pasar Sambas. Bahkan, dia menambahkan, pasar-pasar ini akan dilengkapi dengan fasilitas CCTV, pos security, musala, hingga MCK. "Diharapkan kepada para pedagang dapat memanfaatkan fasilitas dan peluang selama berjualan di pasar rakyat, namun yang terpenting, jaga kebersihan pasar," imbaunya. (har)

Berita Terkait