154 CPNS Terima SK

154 CPNS Terima SK

  Selasa, 11 Oktober 2016 09:29
UCAPAN SELAMAT: Wabup memberikan ucapan selamat kepada PNS yang telah dilantik dan diambil sumpah jabatan. WAHYU/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

MEMPAWAH– Sebanyak 154 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemerintah Kabupaten Mempawah, menerima Surat Keputusan (SK) pengangkatan PNS. Terdiri dari 154 PNS tersebut berasal dari 65 golongan III, 75 golongan II, dan 14 golongan I. Sumpah dan janji jabatan tersebut dipimpin Wakil Bupati, H Gusti Ramlana di Aula Kantor Bupati Mempawah, Senin (10/10) siang.

“Sumpah dan janji jabatan merupakan komitmen PNS untuk bersedia menaati kewajiban dan tidak melanggar kode etik serta larangan sebagai seorang aparatur. Sumpah dan janji ini tidak hanya dipertanggungjawaban kepada pemerintah, masyarakat, atau diri sendiri, tetapi yang utama kepada Tuhan Yang Maha Esa (YME),” pesan Ramlana mengingatkan.

Ramlana mengingatkan agar sumpah dan janji tidak sebatas seremonial dan formalitas saja. Melainkan harus tecermin dalam sikap dan perilaku setiap diri pegawai. Untuk itu, ia menyerukan agar PNS menentukan sasaran kinerja yang nantinya akan dinilai realisasinya.

“Mereka yang kompeten akan siap berkompetisi menuju birokrasi yang profesional. Dan sebaliknya yang tidak siap akan tersisih dengan sendirinya. Kedepan, tidak ada lagi istilah ‘PNS bekerja apa adanya’ dan ‘kerja tidak kerja tetap digaji’. Setiap PNS dituntut menentukan sasara kinerja yang terukur dan terarah,” tuturnya.

Dibawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo, lanjut Ramlana, konsep revolusi mental membawa jajaran ASN/PNS berubah dari zona nyaman ke zona kompetitif. Hal itu, sebagai konsekuensi dari perubahan pola pikir dari birokrasi priyayi ke birokrasi melayani. Dari birokrasi yang berorientasi pada output (keluaran) kepada birokrasi yang berorientasi outcomes (hasil) dan benefit (manfaat).

“Termasuk pula perubahan budaya kerja dari birokrasi yang lamban, berbelit, boros, dan koruptif ke budaya kerja yang cepat, sederhana, hemat, dan bersih. Itu semua untuk mewujudkan visi besar reformasi birokrasi, yaitu terwujudnya pemerintahan berkelas dunia tahun 2019,” pendapatnya.

Karena itu, Wabup berharap para PNS selalu menggali potensi diri dengan terus belajar. Ia meminta PNS untuk memperkuat kompetensi dan memperbaiki kapasitas karena persaingan ke depan akan semakin kompetitif.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Mempawah, Wadiarti mengungkapkan, pengangkatan CPNS menjadi PNS dan pengambilan sumpah dan janji bertujuan sebagai pembinaan awal bagi para PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mempawah.

“Sehingga nantinya diharapkan dapat menjadi PNS yang mempunya kesetiaan dan ketaatan terhadap Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan pemerintah. Kita ingin membentuk PNS yang bermental baik, jujur, dan bertanggung jawab terhadap tugasnya,” singkat Wadiarti. (wah)

Berita Terkait