15 Unsur Ini Dijamin Ampuh Susutkan Berat Badan, yang Nomor 10 Penting

15 Unsur Ini Dijamin Ampuh Susutkan Berat Badan, yang Nomor 10 Penting

  Rabu, 1 November 2017 11:12
Ilustrasi (pixabay.com)

Pilihan asupan nutrisi makanan bisa berdampak pada penurunan berat badan. Rekomendasi kandungan karbohidrat, protein dan lemak sangat tergantung pada asupan total kalori keseluruhan. Sayangnya, banyak orang memilih untuk ekstra diet dan memilih asupan dengan gizi minim.

Diet rendah kalori bisa berbahaya jika tak dilakukan dengan tepat. Diet yang seimbang adalah meliputi protein, lemak, karbohidrat, mineral, dan banyak minum air. Dilansir dari Boldsky, Selasa (31/10) sedikitnya ada 15 kandungan gizi yang baik diasup selama memutuskan untuk diet.

1. Arginin
Adalah asam amino yang dihasilkan tubuh secara alami. Biasanya ada pada daging merah, daging ayam, susu, jagung, cokelat dan kacang-kacangan. Penelitian menyebutkan, pemberian arginin pada perempuan gemuk selama 12 minggu menghasilkan penurunan ukuran pinggang rata-rata 3 inci dan berat badan turun rata-rata 6,5 pon.

2. Magnesium
Mineral ini membantu tubuh membakar lemak.

3. Potassium (Kalium)
Kalium meratakan perut dan juga membantu pemulihan otot setelah berolahraga. Kalium mengurangi kembung dengan membuang kelebihan sodium dari tubuh.

4. Kolin
Adalah kandungan mirip vitamin B yang mematikan gen yang menyebabkan tubuh menyimpan lemak di sekitar hati. Kolin banyak terdapat telur dan daging ayam.

5. Pati Tahan Cerna
Fungsinya mirip serat. Juga dikenal sebagai karbohidrat lambat, memberi makan bakteri sehat dalam usus dan membakar lemak.

6. Asam Lemak Omega-3
Omega-3 mengurangi penyimpanan lemak perut dan mengurangi peradangan. Omega-3 salah satu nutrisi terbaik untuk menurunkan berat badan.

7. Leusin
Asam amino ini meningkatkan kemampuan tubuh untuk mensintesis protein. Leusin mengurangi lemak tubuh dan juga menjaga massa tubuh.

8. Vitamin D
Vitamin ini ikut mengatur nafsu makan. Vitamin ini dapat mengurangi lemak dari daerah perut.

9. Lemak Tak Jenuh Tunggal
Lemak sehat ini mencegah penyimpanan flubber perut. Ditemukan dalam setengah alpukat segar, dan mengurangi keinginan untuk makan sebanyak 40 persen.

10. Kalsium
Kalsium membakar lebih banyak lemak. Kalsium juga menjaga tingkat energi tubuh sehingga tak tergoda sekantong keripik.

11. Vitamin C
Tingginya tingkat kortisol menyebabkan penyimpanan lemak perut. Vitamin C adalah antioksidan yang telah terbukti mengatasi stres dan mencegah penambahan berat badan.

12. Selenium
Adalah antioksidan penangkal radikal bebas. Terdapat dalam telur, kerang, daging merah, ikan laut, dan kembang kol.

13. Vitamin B
Vitamin B12 membantu metabolisme yaitu lemak dan karbohidrat. Salah satu nutrisi terbaik yang dibutuhkan untuk menurunkan berat badan.

14. Seng
Seng mengatur tingkat sekresi insulin.

15. Tryptophan
Tidur nyenyak bisa membuat berat badan stabil. Tryptophan membantu tubuh membangun massa otot. Jika tidur tak nyenyak, maka carilah sumber makanan yang mengandung asam amino triptofan.

(ika/JPC)