13 Bukan Angka Sial

13 Bukan Angka Sial

  Minggu, 26 November 2017 08:30
Rodrigo Moreno (tengah) Goncalo Guedes (kanan) Simone Zaza AFP PHOTO / JOSE JORDAN

Berita Terkait

VALENCIA – Real Madrid dan Atletico Madrid mampu mereka tahan. Valencia pun menghajar Sevilla dengan empat gol tanpa balas. Artinya, tinggal satu klub langganan empat besar La Liga lainnya yang belum diuji Los Che. Nah Barcelona menjadi lawan dari empat besar reguler yang dihadapi Dani Parejo dkk dini hari nanti WIB. 

Dapatkah Valencia melanjutkan tren belum terkalahkannya dalam 13 jornada pertama La  Liga ketika menjamu Barca di Mestalla, Valencia? (siaran langsung SCTV/ beIN Sport 2 pukul 02.45 WIB). Sama seperti Valencia. Barca pun belum tersentuh kekalahan di La Liga. ''Kamilah klub pertama yang mengalahkannya,'' koar pelatih Valencia Marcelino Garcia Torral, dilansir di Deporte Valenciano.  

Apabila mampu melanjutkan tren tidak terkalahkannya itu, Valencia bakal menyamai era keemasannya pada awal 2000-an. Tepatnya pada La Liga musim 2001-2002. Valencia ketika itu juga tidak terkalahkan dalam 13 laga pertama La Liga. Dan, pada akhir musim Valencia mampu keluar sebagai juaranya. 

Setelah musim yang indah itu Valencia tak pernah lagi merasakan awal musim unbeaten mendekati, atau bahkan menyamai capaian 2001-2002 itu. Marcelino berharap tak ada kesialan di angka 13 itu. ''Jika kami mampu, maka ini akan menjadi kemenangan yang hebat,'' lanjutnya. Sayang, Marcelino tak duduk di bench Valencia.

Seperti diberitakan, Marcelino terkena larangan dua kali mendampingi pemainnya pasca dikartu merah wasit Alejandro Hernandez dalam laga melawan Espanyol (19/11). ''Saya pantau laga ini dari tempat yang lain,'' ungkap mantan pelatih Villarreal tersebut. Selain absen saat laga melawan Barca, dia juga absen di jornada 14 melawan Getafe (3/12). 

Beda dari Real, Atletico atau Sevilla yang belum konsisten musim ini, penampilan Barca lebih konsisten. Bek kiri Jose Luis Gaya menolak anggapan bahwa tren unbeaten Valencia pada awal musim La Liga ini hanya kebetulan semata. ''Jika kebetulan, kami takkan bisa unbeaten di 12 laga, apalagi mampu memenangi delapan laga terakhir secara beruntun,'' klaim bek muda 22 tahun itu, kepada Plaza Deporte. 

Gaya permainan cepat dan dinamis, yang dipadukan serangan balik dan kecepatan tinggi dan lebih direct. ''Setiap hari kami berlatih seolah-olah kami sedang berada di akhir dunia,'' kata Gaya. Kapten Dani Parejo menambahkan, kunci ledakan timnya ada pada awal-awal laga. ''Saat itu kami memulai laga bak orang kelaparan,'' sebut Parejo. 

Di papan klasemen, Valencia masih terpaut empat poin. Ada kans Valencia mendekatkan gap-nya dengan Barca. Bahkan, dengan hanya fokus pada laga domestik, ini menguntungkan di sisi Valencia. Bandingkan dengan Barca yang harus membagi fokus di Liga Champions. ESPN menyebut, Valencia akan seperti Atletico pada musim 2013-2014. 

Los Rojiblancos sukses memanfaatkan kesibukan Barca dan Real di Liga Champions. Di akhir musim, Atletico yang keluar sebagai juaranya. ''Namun, kami masih belum bisa dikatakan sebagai salah satu kandidatnya (juara La Liga) sampai saat ini,'' seloroh asisten pelatih Valencia Ruben Uria. 

Tantangan Andres Iniesta dkk, taklukkan Mestalla yang belum tersentuh kekalahan di La Liga sejak musim ini. Enam laga kandang, lima kali menang dan sekali imbang. Di sana musim lalu Barca sukses mencuri angka dengan menang 3-2. ''Mereka (Valencia) cuma sensasi di awal musim dan kami takkan biarkan itu berlanjut,'' ucap pelatih Barca Ernesto Valverde dikutip dari Weloba. (ren)

Berita Terkait