120 Peserta Tour de Flores Tiba di Maumere

120 Peserta Tour de Flores Tiba di Maumere

  Rabu, 18 May 2016 10:14

Berita Terkait

SEBANYAK 120 peserta Tour de Flores (TdF) 2016 dari 28 negara tiba di Bandara Frans Seda sejak Senin (16/5).

Mereka disambut Bupati Sikka Yoseph Ansar Rera dan tarian khas Hegon, serta musik Gong Waning dan Kekor Gendang. Mereka adalah kelompok terbang (kloter) pertama peserta TdF yang diangkut dari Banyuwangi.

Kloter kedua tiba Selasa (17/5) dengan jumlah yang hampir sema. Total peserta TdF tahun mencapai 500 orang, dan berasal dari 28 negara.

Kabupaten Manggarai menyiapkan 400 kamar hotel dan rumah penduduk. Viktor Madur, wakil bupati Manggarai, mengatakan semua camat, lurah, dan kepala desa, dilibatkan.

Sepanjang rute, masih menurut Madur, sudah dibersihkan dari pasir dan lumpur. Ruas jalan yang akan dilalui mulai dari Gako hingga Labuan Bajo sepanjang 293 kilometer relatif mulus.

"Persiapan sudah 99 persen. Semua jalan yang berlubang dan rusak ditutup," kata Madur.
 
Kabupaten Ende juga tak mau ketinggalan. Setibanya di Ende, peserta TDF akan disuguhi makanan khas asal Kabupaten Ende. Kuliner lokal itu akan disajikan saat peserta menyelesaikan etape ke 2 yang finish di kota Ende.

"Di etape kedua, peserta finish di Jl Soekarno. Saat menyelesaikan lomba, peserta akan kita suguhi makanan khas Alu Ndene dan minuman khas Kopi Flores," ujar Derson Duka, kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Ende.

Menpar Arief Yahya tidak bisa hadir di pembukaan Tour de Flores di Merauke, tapi orang nomor satu di Kemenpar itu berencana terbang ke Labuan Bajo, NTT untuk penutupan sport tourism itu. Malam ini, 17 Mei 2016, mantan dirut PT Telkom itu bakal memghadiri Ministrial Meeting G-20 di Beijing, China.**

Berita Terkait