12 Perwira Studi Wilayah Perbatasan

12 Perwira Studi Wilayah Perbatasan

  Kamis, 19 May 2016 10:01
TEMU MUKA: Bupati Sambas saat menerima KKL Pasis Dikreg Seskoad

SAMBAS- Sebanyak 12 Perwira Siswa Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat tahun 2016. Selama enam hari akan melaksanakan kuliah kerja lapangan studi wilayah pertahanan di Kabupaten Sambas. Kolonel Inf Arie Subekti, ketua rombongan KKL Pasis Dikreg Seskoad Tahun 2016 mengatakan Pasis Dikreg KKL di Kabupaten Sambas seyogyanya 15 orang. Namun yang hadir langsung 12 orang, diantaranya masih

menyelesaikan laporan di Singkawang.

Disampaikannya, kegiatan yang akan berakhir pada 21 Mei 2016 mendatang ini. Merupakan sebagai bekal dan aplikasi, guna mewujudkan wilayah pertahanan yang bebas dari ancaman. “Kegiatan ini bermanfaat mewujudkan wilayah pertahanan negara yang tangguh,” kata Kolonel Inf Arie Subekti, ketika diterima langsung Bupati dan Wakil Bupati Sambas, di aula utama Kantor Bupati Sambas, Rabu (18/5).

Menurutnya, dalam studi wilayah pertahanan ini. Dapat meningkatkan Pengetahuan dan Wawasan peserta, sebagai wujud membantu daerah terkait ketahanan nasional. “Kita memberikan apresiasi kepada Pemkab yang begitu luar biasa dalam mendukung kegiatan ini,” katanya.

Bupati Sambas, dr Hj Juliarti Djuhardi Alwi MPH ketika menyambut kedatangan Pasis Dikreg KKL menceritakan terkait kondisi Kabupaten Sambas. TErmasuk beberapa upaya pembangunan daerah perbatasan, khususnya di Paloh dan Sajingan Besar.

 “Pembangunan diperbatasan terus dilakukan, dan itu sudah dimulai sejak kepemimpinan Bupati Burhanuddin A Rasyid,” kata dr Hj Juliarti Djuhardi Alwi MPH.

Bupati juga menjelaskan kondisi sosial, budaya hingga potensi di daerah perbatasan. TErmasuk kecantikan wisata alam yang ada. “Pemkab Sambas juga berkomitmen terhadap pengembangan wisata alam di daerah perbatasan,” katanya.

Kemudian menjelaskan beberapa prasarana dan sarana yang telah dibangun. Diantaranya gedung Custom, Imigration, Quarantine and Security (CIQS) Aruk di Desa Kaliauk Sajingan Besar. Kemudian dicanangkannya Desa Temajuk Kecamatan Paloh sebagai Daerah Pertahanan Keamanan Terpadu TNI.

Dalam kesempatan tersebut, Juliarti menyebutkan Pemkab memberikan apresiasi dengan kegiatan KKL Pasis Seskoad ini, daerah mengharapkan kegiatan ini menghasilkan kajian strategis terkait pembangunan dan pertahanan perbatasan kedepannya.(fah)