12 Pemerkosa Ditangkap

12 Pemerkosa Ditangkap

  Sabtu, 30 July 2016 09:41
DIPERIKSA : Beberapa tersangka kejahatan seksual sedang diperiksa di ruang penyidik unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polresta Pontianak, Jumat (29/7). MEIDY KHADAFI/PONTIANAK POST

Berita Terkait

PONTIANAK - Kerja keras polisi untuk menangkap pelaku pemerkosaan Ay terus membuahkan hasil. Setelah tiga pelaku ditangkap, terbaru polisi berhasil menangkap sembilan pelaku lainnya. Jumat, (29/7). Hingga saat ini total pelaku yang berhasil ditangkap sebanyak 12 orang dari 15 orang yang melakukan perbuatan tak terpuji tersebut.

Kesembilan pelaku yang ditangkap, tujuh orang diantaranya menyerahkan diri sementara dua pelaku lainnya, yakni Al dan Ek ditangkap di daerah pelariannya, yakni di Kecamatan Pemangkat, Kabupaten Sambas.

Adapun dari 12 pelaku yang ditangkap ternyata tujuh diantaranya masih berusia di bawah umur. Namun polisi memastikan seluruh pelaku akan diproses hukum sesuai dengan perbuatannya.

Kasat Reskrim Polresta Pontianak, Kompol, Andi Yul Lapawesean, menjelaskan total sampai dengan saat ini 12 pelaku telah ditangkap, dimana tiga pelaku sebelumnya ditangkap pada Selasa malam, 26 Juli. Lalu pada Kamis, 28 Juli tujuh pelaku menyerahkan diri dan pada Jumat, 29 Juli dua pelaku, yakni pacar korban, Al berikut pelaku lainnya Ek ditangkap di Kecamatan Pemangkat, Kabupaten Sambas.

Andi menuturkan sampai dengan saat ini masih ada tiga pelaku lainnya yang melarikan diri dan telah dinyatakan masuk dalam daftar pencarian orang. "Jadi sudah kami lakukan prarekontruksi, dimana hasilnya dari 15 pelaku ini hampir semuanya melakukan pemerkosaan," kata Andi Yul, Jumat (29/7).

Dari prarekonstruksi itu pula diketahui siapa otak dari pemerkosaan itu, yakni pacar korban, Al. Dimana Al, sebelum terjadi pemerkosaan menjemput korban dari rumah lalu membawanya ke tempat yang telah ditunggu oleh teman-temannya. Ketika datang, korban kemudian disekap dan diperkosa secara bergiliran.

Masih dari hasil prarekontruksi, tambah Andi, diketahui bahwa korban diperkosa di tiga lokasi berbeda dengan waktu yang berbeda pula. "Untuk TKP pertama masih kami dalami dimana kejadiannya dan siapa-siapa pelaku yang melakukan pemerkosaan," ucapnya.

Sementara untuk TKP lain, lanjut dia, terungkap bahwa untuk TKP kedua terdapat lima pelaku. Sedangkan di TKP ketiga ada sepuluh pelaku yang memperkosa korban. "TKP kedua ada tiga pelaku yang ditangkap. Untuk TKP ketiga ada sembilan pelaku yang ditangkap dan tiga orang masih dalam pengejaran," terangnya.

Andi Yul mengungkapkan dari 12 pelaku yang telah ditangkap, tujuh diantaranya masih berusia di bawah umur. Ketujuh pelaku saat ini tidak ditahan namun dititipkan ke pusat pelayanan terpadu anak. "Saya tegaskan, semua pelaku akan diproses. Hanya untuk anak-anak penanganannya berbeda," katanya.

Para pelaku akan dikenakan pasal 285 dengan ancaman pidana penjara 12 tahun. "Saya mengimbau kepada tiga pelaku lainnya untuk menyerahkan diri," pungkasnya. (adg)

Berita Terkait