108 Penumpang Isi Penerbangan Perdana

108 Penumpang Isi Penerbangan Perdana

  Kamis, 14 December 2017 10:00

Berita Terkait

Xpressair Mengudara ke Miri

PONTIANAK – Maskapai penerbangan Xpressair telah membuka rute penerbangan internasional dari Pontianak ke Miri, Sarawak, Malaysia, Selasa (12/12). Bussiness Development Manager Xpressair, Fanny Andri mengatakan, dibukanya rute penerbangan tersebut didasari beberapa pertimbangan, di antaranya adalah melihat adanya potensi pasar wisatawan dari Pontianak ke Miri ataupun sebaliknya cukup baik. "Selain melihat pasar wisatawan, juga mobilitas pekerja dan bisnis yang membutuhkan moda transportasi udara untuk mempersingkat waktu perjalanan dengan penerbangan langsung," ujar dia.

Selain itu, Miri yang berbatasan langsung dengan negara Brunei Darussalam juga mempunyai potensi besar untuk membawa wisatawan ke Pontianak dan wisatawan dapat melanjutkan perjalanan menuju Bandung dan Yogyakarta di mana Xpressair juga melayani rute tersebut dari Pontianak. "Dari Miri menuju Brunei Darussalam dapat ditempuh dengan perjalanan darat sekitar satu sampai dua jam," ujar katanya.

Pada penerbangan perdana tersebut, load factor hampir penuh. Dari 120 seat yang tersedia, sebanyak 108 seat diantaranya sudah terisi penuh. Dirinya optimis penerbangan langsung Pontianak-Miri akan tetap ramai. Pasalnya tren berwisata saat ini sedang tinggi. Miri sendiri adalah kota hiburan dan wisata yang terkenal di Sarawak. Selain itu, pangsa pasar dari Brunei Darussalam juga besar. Pasalnya Kota Muri berbatasan dengan negara kaya minyak tersebut.

Selama masa promo, Xpressair menerapkan tarif berkisar di atas Rp 400.000 untuk satu kali penerbangan yang akan terbang setiap hari Selasa dan Sabtu mulai tanggal 12 Desember 2017. Menurutnya ini adalah harga terbaik yang bisa mereka berikan. “Harga kami hampir sama dengan naik transportasi darat. Bandingkan dengan naik bus yang memakan waktu seharian. Sedangkan kami terbang 1 jam 15 menit saja,” sebut dia.

Sebelumnya, sambung Fanny, Xpressair juga sudah membuka rute dari Pontianak ke Kuching, Sarawak. Biasanya orang yang hendak ke Miri akan melakukan perjalanan udara via Kuching. Celah pasar ini yang diambil Xpressair, selain tentu saja mencari pasar baru. Apalagi Pontianak saat ini sudah memiliki beragam rute domestik dari kota-kota potensial di Indonesia.

Sebagai informasi, Xpressair merupakan maskapai penerbangan Indonesia yang memiliki beberapa rute penerbangan domestik dan International dengan konsep layanan medium service. Saat ini armada yang digunakan Xpressair ada tiga type pesawat, yaitu Boeing 737 series, Dornier dan ATR. (ars)

Berita Terkait