100 Guru SD Ikuti Pelatihan Sains

100 Guru SD Ikuti Pelatihan Sains

  Selasa, 17 April 2018 13:59

Berita Terkait

PONTIANAK-100 guru sekolah dasar di Kota Pontianak mengikuti pelatihan sains Kalbe Junior Scientist Award (KJSA) 2018, bertempat di Hotel Santika, Pontianak. Tahun ini, yang menjadi tema adalah kreatifitas dan inovasi memecahkan masalah dengan pendekatan sains. 

"KJSA merupakan kompetisi sains anak nasional yang memberikan penghargaan kepada karya sains terbaik di Indonesia untuk siswa-siswi tingkat Sekolah Dasar. Pelatihan sains ini dihadiri sekitar 100 guru sekolah dasar di Pontianak," kata Kepala Komunikasi Eksternal dan CSR PT Kalbe Farma, Hari Nugroho, Selasa (17/4).

Tujuan diadakannya kegiatan ini lanjut dia ingin berkontribusi bagi perkembangan sains di Indonesia, khususnya pada anak. Dengan demikian di masa depan tunas-tunas bangsa ini semakin mencintai sains bahkan menjadi peneliti-peneliti unggul yang memajukan dunia sains dan teknologi di Indonesia.

Dorongan lanjut dia juga dilakukan, utamanya bagi para pendidik dan guru untuk mengembangkan dan merangsang kreativitas anak-anak dalam menemukan solusi permasalahan sehari-hari melalui sains. "Salah satu contohnya melalui pelatihan sains ini," kata dia.

Dijelaskan dia, program KJSA sendiri sudah dimulai sejak 2011. Tujuannya, ingin mengenalkan sains pada anak sejak dini, sekaligus menumbuhkan kreatifitas anak-anak dalam memecahkan masalah yang mereka hadapi sehari-hari dengan pendekatan sains dan ilmu pengetahuan. 

Sejak pertama kali diselenggarakan tahun 2011, kata dia animo peserta terus meningkat setiap tahunnya. Tahun 2017 program ini diikuti oleh 1103 karya dari 26 Provinsi seluruh Indonesia. Bandingkan dengan tahun 2016 sebanyak 917 karya, dan tahun 2015 sebanyak  811 karya. Tentu di tahun ini harapnya peserta semakin meningkat.(iza)

Berita Terkait