10 Tiang Listrik Tumbang Diterjang Angin Kencang

10 Tiang Listrik Tumbang Diterjang Angin Kencang

  Sabtu, 31 Oktober 2015 09:28
KEROPOS:Petugas PLN Rayon Sukadana saat mengganti tiang listrik yang mengalami keropos. (Istimewa)

Berita Terkait

SUKADANA-Beberapa tiang listrik tumbang akibat dihajar angin kencang dan hujan deras kemarin. Akibatnya, pihak PLN Rayong Sukadanaa harus bekerja ekstra untuk dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.Dikatakan Supervisor Teknik PLN Rayon Sukadana Rizki Rhamdan, saat ini sudah ada hampir 10 tiang yang tumbang. Yang diakibatkan adanya angin kencang, dan beberapa tiang memang sudah keropos akibat terkikis oleh air asin.

“Akhir Oktober ini memasuki musim hujan. Anginpun cukup kuat juga. Jaringan kita di Sukadana ini, disisi Pantai rawan keropos, rawan tumbang dan putus. Kemarin hujan lebat, tiang listrik di Teluk Batang tumbang lima batang. Dan pada Selasa sudah normal kembali. Hari Rabu giliran di Sungai Sambas, Nipah Kuning, Rantau Panjang ada tiga 3 lokasi yang tumbang,” papar Rizki saat ditemui di PLN Rayon Sukadana, Jumaat (30/10).Menurut Rizki, tumbangnya tiang listrik menyulitkan pihaknya untuk melakukan perbaikan. Apalagi tempat yang berbeda. PLN Rayon Sukadana meminta bantuan kepada PLN Ketapang, agar perbaikan tiang listrik ini cepat dilakukan.

“Kita tidak bisa langsung menangani karena material kita tidak ada, untuk mengejar kerjaan itu kita memanggil vendor karena banyak lokasi (tumbang) di berbeda-beda tempat, kalau hanya tenaga di sini kurang memadai. Makanya kita minta bantuan dari Ketapang,” kata Rizki Rhamdan.Untuk itu, guna mengantisipasi banyaknya tiang yang tumbang mejelang musim hujan ini, pihak PLN sendiri sudah melakukan survey beberapa lokasi, dan survey ini dilakukan per-tiang.“Kita antisipasi ini, takutnya malam-malam tumbang susah lagi. Sudah beberapa lokasi yang tiangnya sudah keropos dan rawan tumbang sudah kita ganti. Ini untuk antispasi. Kami cek per tiang mulai dari Sungai Putri sampai Sukadana,” pungkasnya.

Untuk kendala perbaikan,lanjut dia, pergantian tiang yang rusak tidak terlalu memakan waktu yang lama namun, jika tiang tersebut berada pada lahan gambut, airnya asin yang ada jelas cukup menyulitkan bagi petugas saat berada dilapangan guna melakukan perbaikan.Untuk itu, ia mengimbau kepada masyarat agar dapat menjaga fasililitas tiang listrik yang ada disektar rumah masyarakat, bahkan demi kenyamanan bersama, PLN sendiri berharap, masyarakat tidak menanam pohon disekitar tiang listrik.“Kalau ada minimal pemilik tanaman tersebut bisa memotong dahan disekitaran tali listrik, agar ketika angin kencang, dahan tersebut tidak mengenai tali listrik,” tutupnya. (dan) 

 

Berita Terkait