10 Ribu Warga Saksikan Atraksi 174 Tatung , Pemangkat jadi Ikon CGM Bumi Terigas

10 Ribu Warga Saksikan Atraksi 174 Tatung , Pemangkat jadi Ikon CGM Bumi Terigas

  Rabu, 24 February 2016 10:24
ATRAKSI TATUNG: (foto 1) Tampak salah satu tatung melintas di depan panggung kehormatan dalam atraksi puncak perayaan Cap Go Meh di Kota Pemangkat, Selasa (23/2) kemarin. (foto 2) Warga tumpah ruah menyaksikan atraksi serta kehebatan para tatung. (foto 3) Terdapat juga tatung bocah yang ikut meramaikan atraksi tatung siang itu. HARI KURNIATHAMA/PONTIANAK POST

Berita Terkait

PEMANGKAT – Pawai tatung di Kecamatan Pemangkat layak dijadikan ikon Cap Go Meh (CGM) di Kabupaten Sambas. Tahun ini sekitar 174 tatung ikut ambil bagian dalam perhelatan yang berlangsung Selasa (23/2‎) kemarin.

Pelepasan para tatung tersebut dihadiri Kapolres Sambas, Staf Ahli Bupati, Ketua DPRD Kabupaten Sambas, Danyon 641 Raider, Kasdim 1202 SKW, serta jajaran SKPD Kabupaten Sambas. Giat CGM diawali dengan parade tatung yang berjumlah 174 orang dengan seratus buah tandu, dua barongsai, dan dua naga. Parade mereka diiringi drum band SMU Amkur Pemangkat, dengan disaksikan kurang lebih 10 ribu pasang mata. 

Warga Pemangkat bak tumpah ruah, berbondong-bondong turun ke jalan menyaksikan atraksi tersebut. Mereka bagai tak menghiraukan panas terik matahari yang mendera. Semua turut larut dalam suasana alunan bunyi tabuhan gendang yang diwarnai atraksi memukau para tatung.Dari pantauan koran ini, perayaan CGM kali ini jauh lebih tertib. Pasangan para tatung dan tandu sendiri tidak diperbolehkan menunggangi kendaraan roda empat. Belum lagi penambahan panggung kehormatan para tamu, sehingga setiap tatung dipersilakan memperlihatkan atraksi mereka di hadapan para tamu. Para penonton pun dibuat terkesima.

Salah satu pengunjung, Dedi (29), warga Sambas yang ikut menyaksikan CGM di Pemangkat mengungkapkan bagaimana luar biasanya perhelatan tersebut. "Luar biasa, ramai, padat," ungkapnya.Ia bahkan berani memberikan penilaian jika Pemangkat menjadi kota saingan Singkawang dalam perhelatan yang satu ini. "Yang jelas tak kalah meriah dari Singkawang perayaan CGM di Pemangkat," akunya.

Begitu juga Ahung (32), warga Selakau yang datang bersama keluarganya menonton perayaan CGM di Pemangkat. "Sangat ramai, kami suka," katanya.Sementara itu, ketua Panitia Imlek dan CGM Bersama Kecamatan Pemangkat, Atong, mengungkapkan jika kemeriahan CGM tersebut karena dukungan masyarakat dan hasil kerja keras Panitia, peserta CGM, aparat keamanan, Pemerintah Kecamatan dan desa, serta masyarakat itu sendiri."Meski ruang lingkupnya kecamatan, namun gaung dan pelaksanaannya selevel kabupaten," aku dia bangga. Ke depan, dia berjanji akan memberikan suguhan yang jauh lebih baik. 

Setidaknya 120 personel kepolisian diterjunkan, ditambah anggota Kompi 641 Pemangkat sebanyak 40 orang, Koramil Pemangkat (15 orang), Pol PP (20 orang), Dishubkominfo (14 orang), serta elemen masyarakat, 20 orang.Kapolres Sambas AKBP Sunario mengatakan terkait pelaksanan CGM di sejumlah kecamatan dan Pemangkat, begitu berjalan tertib. "Sejauh ini cukup tertib dan kita berterima kasih atas partisipasi masyarakat dalam menciptakan ketertiban dan keamanan bersama dalam perayaan CGM ini," katanya. (har)

Berita Terkait