10 Pondasi Penegak Masa Depan Bangsa

10 Pondasi Penegak Masa Depan Bangsa

  Minggu, 7 Agustus 2016 10:55   761

Oleh: Mahrozi

       MENCIPTAKAN sebuah  bangsa yang baik harus memiliki suatu alat untuk mewujudkan  cita-cita bangsa tersebut, bangsa yang baik pasti memiliki cita-cita yang baik pula. Oleh karena itu, perlu adanya suatu alat dalam menopang cita-cita tersebut. Apa sih alat yang dapat menopang atau mendukung meraih sebuah cita-cita bangsa?, sebelum kita jawab dari pertanyaan ini, mari kita lihat pada sebuah Rumah, kita ketahui bersama bahwa rumah merupakan tempat yang sangat kita butuhkan yakni untuk menjalani kehidupan kita.  

        Nah, pertanyaannya alat apa yang dapat rumah itu berdiri dengan tegak?, ini adalah pertanyaan yang sangat sederhana sekali bukan!, lalu apa jawabanya?, yaitu pondasi. Sebuah rumah tidak akan mampu berdiri dengan tegak tanpa ada sebuah pondasi di dalamnya. Begitu juga dengan sebuah bangsa. Bangsa tidak akan mampu berdiri dengan tegak tanpa ada pondasi di dalamnya. Timbul pertanyaan lagi lalu apa pondasi pada sebuah bangsa tersebut? Yaitu, seorang pemuda. Dari ulasan ini dapat kita ketahui bahwa alat untuk dapat mengopang atau mendukung maraihnya sebuah cita-cita bangsa adalah sebuah pondasi saya mengilustrasikan pondasi sebuah bangsa adalah seorang pemuda.

      Mari kita ulas kembali dari perkataan presiden pertama Negara Indonesia kita yaitu Ir. Soekarno, beliau menegaskan pada salah satu pidatonya yakni “Berikan kepadaku sepuluh pemuda maka akan ku goncangkan wajah dunia”

        Ungkapan tersebut dapat mengilustrasikan kepada kita bahwa pemuda sangat besar pengaruhnya terhadap bangsa sehingga presiden pertama Negara Indonesia kita mengungkapkan bahwa dengan 10 pemuda mampu menggoncangkan wajah dunia. Dari kata “menggoncangkan”  seakan-akan pemuda merupakan alat dalam menggerakkan dunia.  Bayangkan jika sebuah rumah tidak memiliki sebuah pondasi maka rumah tersebut akan hancur dan runtuh, begitu juga dengan sebuah bangsa jika tidak memiliki seorang pemuda maka runtuh dan hancurlah bangsa tersebut.

       Tetapi pemuda seperti apa sih yang mempu mnggoncangkan dunia?, dan Pemuda seprti apa yang mampu mengakkan sebuah bangsa?.      Sesuai dengan ungkapan Ir. Soekarno di atas ada kata “10 Pemuda” kata inilah yang dapat saya tafsirkan dari penulisan ini, jika kita melihat dari kata 10 Pemuda ini, maka ada 10 Pondasi dalam menegakkan sebuah bangsa yaitu:

Pondasi  Ilmu

     Seorang pemuda harus memiliki sebuah ilmu baik itu ilmu agama maupun ilmu alam, jika seorang pemuda tidak memiliki ilmu maka bangsa berdiri tegak tetapi malah hancur karena ketidaktahuan dalam menegakkan sebuah bangsa.

Pondasi  Iman

     Tidak akan melahirkan sebuah keimanan pada diri seseorang tanpa ada sebuah cahaya dalam hatinya. Apa cahaya yang ada dalam hati seseorang yaitu ilmu itu sendiri, sehingga ilmu ada kaitannya dengan iman seseorang . Bgitu juga dengan seorang pemuda harus memiliki iman yang kuat agar mampu memntengi dirinya dari masalah yang timbul dalam kehidupannya, sehingga seorang pemuda mampu mewujudkan bangsa yang kuat.

Pondasi Akhlak mulia

    Seseorang yang memiliki ilmu yang banyak dan memiliki iman yang kuat pasti lahirlah sebuah akhlak mulia pada tingkah lakunya. Jika seorang pemuda mamiliki akhlak yang baik pasti memperole tatanan yang baik dalam membentuk sebuah bangsa.

Pondasi Jujur

    Kejujuran seseorang dapat di ukur dari akhlaknya jika akhlaknya baik maka jujurlah orang tersebut, tetapi jika seseorang tidak memiliki akhlak yang baik maka kejujurannya sangat diragukan, maka untuk menciptakan bangsa yang baik harus memiliki pondasi yang jujur.

Pondasi Tanggung jawab

     Tanpa ada tanggung jawab jika tidak ada sebuah kejujuran sehingga tanggung jawab sangat berkait erat dengan kejujuran sehingga posisi tanggung jawab sangat mempengaruhi sebuah bangsa.

Pondasi  Visioner

     Seorang pemuda harus memiliki visi dan missi dalam hidup (tujuan ) yang jelas sehingga tidak mengombang ambing dalam hidupnya.

Pondasi  Disiplin

    Kedisiplinan sangat diperlukan oleh seorang pemuda karena pemuda yang sukses adalah pemuda yang memiliki kedisiplinan yang baik.

Pondasi  Kerjasama

       Untuk meraih sebuah tujuan dalam kebersamaan harus mamiliki kerjasama yang kuat, seperti sebatang lidi pada penyapu, tidak mampu membersihkan suatu kotoran jika tidak bersatu denag batang lidi-lidi yang lain, tetapi jika batang lidi tersebuat bersatu dan menjadi satu maka akan menciptakan sebuah penyapu yang kuat dan mampu membersihkan kotoran yang ada. Begitu juga dengan pemuda harus bersatu sehingga memiliki kekuatan dalam membentuk tatanan bangsa.

Pondasi  Adil

   Seorang pemuda merupakan generasi penerus bangsa tentunya pemuda calon pemimpin bangsa itu tersebut, sehingga pondasi adil harus ada dalam jiwa seorang pemuda.

Pondasi  Peduli

    Jiwa kepedulian pada seorang pemuda harus ada karena pemuda merupakan seorang pemimpin sehingga pondasi peduli harus terbentuk dalam sebuah bangsa.

 penulis; pemerhati masalah kemasyrakatan