10 Jabatan Siap Dilelang

10 Jabatan Siap Dilelang

  Rabu, 26 Oktober 2016 09:30

Berita Terkait

PUTUSSIBAU – Komitmen Pemerintah Daerah (Pemda) Kapuas Hulu melakukan lelang jabatan terus dimatangkan. Dijadwalkan pada 2017 mendatang, sepuluh jabatan yang akan diisi pejabat eselon IIIA dan IIIB di lingkungan Pemkab Kapuas Hulu akan dilelang terbuka. Ungkapan tersebut disampaikan dalam Sosialisasi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Terbuka oleh Komisi Apartir Sipil Negara (KASN), Selasa (25/10), di Aula Setda Kapuas Hulu. 

Nuraida Mokhsen, komisioner KASN, mengatakan mengenai pentingnya merit system terhadap ASN. Untuk menilai keberhasilan ASN, ditegaskan dia, harus berdasarkan prestasi kerja. Ia mengatakan, dalam mengisi suatu jabatan, harus diutamakan kualifikasi, kompentensi, dan kinerja. Harapan dia agar dalam menempati jabatan kelak, pejabat yang ditunjuk benar-benar siap.

“Penempatan seorang pejabat pada posisi tertentu tidak boleh karena tim sukses. Karena PNS itu harus netral. Tapi jika ada tim sukses memiliki kualifikasi, kompentensi dan kinerja tentu tak masalah,” tutur Nuraida pada acara yang dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Muhammad Sukri tersebut. Komisioner KASN ini menekankan agar PNS, agar memiliki visi yang baik dalam melayani masyarakat.

Selain itu, kata dia, PNS harus berdedikasi tinggi dan disiplin. Apalagi, dia menambahkan, kualitas PNS Indonesia jauh di bawah aparatur negara Malaysia dan Vietnam. “Dari segi kualitas PNS Indonesia jauh di bawah negara tetangga,” tukasnya.

Kualitas yang dimaksud dia terutama pada bidang kualitas pelayanan. Digambarkan dia bagaimana pelayanan birkorasi yang sedemikian lama dan berbelit-belit, sehingga banyak investor kabur sebelum memulai usaha.

Dikatakannya, seorang PNS harus profesional dan memiliki integritas. Karena itu, khusus untuk JPT, menurut dia, harus melalui seleksi terbuka dan kompetitif. “Pengisian jabatan harus sesuai kompetensi yang bersangkutan,” tegasnya.

Karenanya, walaupun tim panitia seleksi (Pansel) dipilih Bupati, tapi, diingatkan dia, harus berkoordinasi dengan Sekda. Karenanya Sekda dan Bupati, menurut dia, harus klop di dalam seleksi lelang jabatan.

Pada kesempatan yang sama, kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Kapuas Hulu, Sarbani, mengatakan, sosialisasi lelang jabatan tersebut merupakan bagian dari persiapan lelang jabatan yang akan dilakukan pada 2017 mendatang. Karena, kata dia, tahun depan akan dilelang sepuluh jabatan eselon IIIA dan IIIB di lingkungan Pemkab Kapuas Hulu. Bahkan, pihaknya pun sudah menyiapkan lelang tersebut.

Sarbani tak memungkiri jika sosialisasi yang dilakukan KASN tersebut, pihaknya pun tidak mewajibkan terhadap aparatur. Akan tetapi, bagi PNS yang sudah memenuhi syarat untuk mengikuti lelang, tentu, ditegaskan dia, wajib bagi mereka sendiri. Apalagi, para aparatur yang berpeluang tersebut, harus mendengar langsung paparan dan penjelasan dari KASN. “Intinya BKD sudah siap melakukan lelang jabatan. Semua tahapannya sudah kami siapkan,” terangnya. (aan)

Berita Terkait