“Skinny Fat” : Si Kurus yang Memiliki Lemak

“Skinny Fat” : Si Kurus yang Memiliki Lemak

  Rabu, 24 Agustus 2016 09:30

Berita Terkait

Skinny fat? Istilah satu ini emang belum terlalu akrab di telinga kamu. Secara banyak orang menganggap jika bentuk tubuh hanya dibedakan atas dua jenis, kurus dan gemuk. Sekedar informasi nih guys, mungkin ada di antara kamu yang memiliki hobi banyak makan, khususnya makanan berlemak tetapi badannya tetap sama. Kurus! Ini nih yang berbahaya, karena tanpa kamu sadari ada jumlah lemak yang tinggi di dalam tubuh. Dalam bahasa kedokteran ini disebut Metabolically Obese Normal Weight (MONW) atau Thin Outside Fat Inside (TOFI).

Memang sih terkadang saat melakukan check up di bagian Indeks Masa Tubuh (IMT) dan kadar lemak tubuh hasilnya tergolong normal, tapi nggak untuk MRI. Karena ada beberapa bagian tubuh terutama perut kamu pasti akan menunjukkan adanya lemak yang tersembunyi di antara organ-organ tubuh. Dan, substansi-substansi aktif ini akan menghasilkan sel lemak yang menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti resistensi insulin, kenaikan kadar kolestrol, kenaikan angka LDL, penurunan HDL hingga memicu pembentukan sel kanker yang disebabkan dari lemak visceral. Diih.. syereeem!

Untuk itulah sobat Z harus mulai melakukan perubahan diet dan gaya hidup serta rajin berolahraga. Jangan bangga memiliki badan skinny, karena kamu nggak bakal tahu dampak apa yang tak terlihat di dalamnya. (ghe)

Berita Terkait