​Yakin Kelar Akhir Tahun

​Yakin Kelar Akhir Tahun

  Kamis, 28 July 2016 09:30
MULAI BERJALAN: Sebuah alat berat disiapkan di lokasi pembangunan kawasan Pasar Tengah kemarin. Proyek ini telah berjalan dan diperkirakan selesai pada akhir Desember mendatang. SHANDO SAFELA/PONTIANAK POST

Berita Terkait

PONTIANAK - Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah Kota Pontianak Haryadi S Triwibowo memastikan target penyelesaian pembangunan Pasar Tengah tak akan molor, yaitu pada akhir tahun 2016. 

“Pekerjaan sudah dimulai dari minggu kemarin. Waktu pengerjaan 24 jam mengingat target penyelesaian kurang lebih tinggal empat bulan, pertengahan Desember harus sudah selesai,” ungkapnya, Rabu (27/7). 

Meski kondisi saat ini, masih banyak pedagang yang berjualan. Khususnya di Jalan Asahan, Haryadi yakin, seiring berjalannya waktu, semua pedagang akan pindah sementara di tempat yang telah disiapkan. Dikatakannya, target terpenting adalah bagaimana menyukseskan pembangunan tujuh blok kawasan Pasar Tengah agar aman dan lancar. 

“Khusus Pedagang Asahan, mereka diberikan kesempatan sampai menjelang lebaran. Harusnya sekarang mereka sudah pindah semua,” katanya. 

Namun Haryadi menilai hal tersebut terjadi karena proses pengerjaan belum penuh. Berjalannya waktu, saat material dan alat berat masuk semua, dia yakin dengan sendirinya para pedagang akan pindah. Khusunya di Jalan Asahan yang akan menjadi akses keluar masuk pengerjaan serta penyimpanan material bangunan yang tidak sedikit. 

Paling penting, menurutnya, para pedagang sudah disiapkan tempat sementara dan tidak ada permasalahan lagi. “Asal jangan sampai mereka mengganggu aktivitas pengerjaan, jika mereka yang berjualan terkena dampak dari pembangunan jangan salahkan kami, sebab kami sudah mengimbau dan memberikan tempat,” pungkasnya. 

Dari pantauan Pontianak Post, Rabu (27/7) pagi sebagian alat pemancang dan tiang beton sudah masuk ke lokasi. Di beberapa titik dari tujuh blok yang akan dibangun terlihat mulai dikerjakan. Seperti blok Cimandiri, Cisadane dan Citandui. Sementara di sepanjang Jalan Asahan, para pedagang tetap berjualan sebagaimana biasanya.

Seperti diketahui total tujuh blok di kawasan Pasar Tengah yang akan dibangun yaitu Cilantas, Cimandiri, Citarum, Cisadane, Ciliwung, Citanrui dan Ciujung. Ada enam blok yang akan dibangun bertingkat dua. Masing-masing blok berukuran 20 kali 80 meter, sehingga di tingkat dua total keseluruhan berluas 3.200 meter persegi. Total pedagang yang harus direlokasi sementara mencapai seribu lebih.

Untuk pembangunan diperkirakan menghabiskan dana sebesar Rp58 miliar. Seluruhnya bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) di bawah Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.(bar) 

Berita Terkait